Covid-19

Puskesmas Tongas Roadshow ke Dusun-Dusun


PROBOLINGGO – Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19, Puskesmas Tongas melakukan roadshow vaksinasi Covid-19 dari dusun ke dusun sejak Senin (20/9). Metode itu dilakukan pada dusun yang ada ada di 8 desa wilayah kerjanya.

Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani mengatakan, langkah ini diawali dari pertemuan lintas sektor di tingkat Kecamatan Tongas. Kemudian ditindaklanjuti dengan pertemuan lintas sektor level desa di balai desa masing-masing.
“Saat rapat level desa dihadiri Pj (Penjabat) Kepala Desa, tenaga kesehatan desa, Babinsa, Babinkamtibnas, kepala dusun, perangkat dan kader untuk merumuskan bersama langkah di level dusun serta bersama menyusun jadwal layanan vaksinasi di dusun,” terangnya, didampingi Bidan Desa Sumendi Nurul Qomariyah, Rabu (22/9).

Pada level dusun, diselenggarakan pertemuan kembali dengan RT, RW, serta memberikan tim. Dalam pertemuan itu para kader memberi sosialisasi pada mayarakat dan mengundangnya untuk melakukan vaksinasi yang telah ditentukan.

“Saat pelaksanaan masyarakat tampak antusias dengan vaksinasi roadshow dusun ini, dikarenakan dekat dengan tempat tinggal, minim antri, dan bisa berangkat bersama tetangga dan keluarga,” ungkapnya.

Seperti yang tampak di layanan vaksinasi Dusun Jangglengan Desa Sumendi. Masyarakat dewasa, lansia dan remaja antusias hingga harus dibuka layanan vaksin di 2 lokasi dalam satu dusun tersebut. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini dipantau oleh Pj Kepala Desa Sumendi Surip. Hasilnya dari vaksinasi Covid-19 di Dusun Jangglengan masyarakat yang tervaksin mencapai 110 orang.

Adapun jadwal layanan vaksinasi di desa buka setiap hari mulai Senin sampai Sabtu dengan lokasi yang bergantian dari dusun ke dusun. “Tempatnya bisa di rumah kepala dusun atau kampung, RW/RT, maupun rumah warga yang disepakati,” terangnya.

Wanita yang akrab disapa Nia itu menerangkan, warga bisa mendapatkan info jadwal tempat vaksinasi dengan menghubungi nomor handphone bidan desa masing-masing yang telah disebarluaskan ke masyarakat. Atau bisa menghubungi nomer pusat informasi puskesmas tongas di 08113800958.

“Semoga kegiatan roadshow vaksinasi dusun ke dusun ini mampu mempercepat laju vaksinasi Covid-19. Sehingga tercapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Sehingga mampu menekan penularan maupun angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19,” harap Nia. (yek/adv)


Bagikan Artikel