Peristiwa

Krisis Air Bersih Semakin Meluas


PROBOLINGGO – Daftar daerah yang mengalami krisis air bersih hingga 4 Desember semakin meluas. Hal itu terjadi karena hujan tak kunjung turun. Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah ada 16 desa di sembilan kecamatan. Karena kondisi itu pula BPBD saat ini masih menyuplai air bersih kepada daerah tersebut.

Tambahan daerah itu diketahui setelah adanya informasi dari media sosial soal kebutuhan air bersih, salah satunya yakni di desa Sindetanyar, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. Daerah ini pula akhirnya dipasok satu unit truk tangki yang berisi 6 ribu liter untuk kebutuhan mereka. Karena kondisi itu pula, BPBD meminta keaktifan desa untuk terus memberikan informasi dan surat pengiriman air bersih bila dibutuhkan.

Sementara itu, Su’ud, Kepala Desa Sindet Anyar mengatakan, kurang lebih 210 KK yang membutuhkan air bersih pada musim kemarau panjang 2019 ini. “Kurang lebih dua bulan terakhir ini, Desa Sindet Anyar mengalami kekeringan dan harus disuplai air bersih. Kami melayangkan laporan ke BPBD, agar segera memberikan distribusi air bersih. Dan Alhamdulillah, sekarang sudah terealisasi,” ujarnya.

Su’ud juga membenarkan, jika peristiwa kekeringan yang menimpa desanya, bahwa ini baru pertama kali terjadi. ”Baru kali ini saja Desa Sindet Anyar, sejak dahulu belum pernah kekurangan air bersih. Terima kasih kepada BPBD Kabupaten Probolinggo,” ujar Su’ud

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan beberapa hal. Akibat kemarau yang lebih panjang dari tahun lalu, membuat desa yang sebelumnya tidak pernah kekurangan air, akhirnya juga mengalami krisis air bersih.

“Jumlah armada truk tangki suplai air bersih kami 5 unit, kawasan terdampaknya semakin banyak. Jadi yang sebelumnya cukup air sekarang juga kering,” kata Anggit, Rabu (04/12). Sementara suplai air bersih yang dilakukan BPBD sejak Juli hingga Desember 2019, sebanyak 1.309.000 liter. Air itu dimanfaatkan oleh sekitar 65 ribu jiwa. (rul/ra)


Bagikan Artikel