Lain-lain

Potensi Hujan Lebat, BMKG Imbau Warga Waspada

KRAKSAAN – Pada musim hujan kali ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya kerap mengeluarkan peringatan dini cuaca. Belakangan ini, peringatan serupa kembali dikeluarkan. Isinya, pada akhir pekan ini masyarakat diimbau waspada karena kondisi cuaca diprediksi cukup ekstrem.

Prakirawan BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, hujan dengan intensitas sedang diprediksi terjadi pada hari ini. Hujan akan turun disertai petir dan angin kencang pada pagi, siang, dan sore hari di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Sabtu (19/1) juga sama. Masyarakat perlu mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang sifatnya sesaat,” terangnya melalui saluran telepon.

Pihaknya juga memperingatkan masyarakat di pesisir Jawa Timur yang menghadap Selat Madura, termasuk Kabupaten/Kota Probolinggo. Yakni untuk mewaspadai fenomena pasang air laut (banjir rob).

Banjir rob sendiri, kata Teguh, adalah banjir yang disebabkan kenaikan muka air laut sehingga air laut tersebut menggenangi daratan. Diprediksi ketinggian bervariasi antara 130-150 cm dari permukaan air laut di wilayah pesisir. “Diperkirakan terjadi antara pukul 21.00 hingga 24.00,” sebutnya. (ra/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan