Lain-lain

BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Buruk


KRAKSAAN – Cuaca buruk berpotensi terjadi di Jawa Timur selama dua hari ke depan. Hal itu berdasarkan peringatan dini cuaca yang diterbitkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda Surabaya. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Dalam rilisnya, BMKG Juanda menyatakan ada potensi hujan dengan intensitas sedang. Namun hujan itu disertai petir dan angin kencang sesaat. Pola hujan yang turun saat siang hingga sore hari. Potensi banjir berada pada level waspada akibat hujan itu.

“Masyarakat diharap waspada,” ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto.

Teguh menerangkan, pantauan satelit memperlihatkan, bibit siklon tropis dengan kode TC94W telah terbentuk sejak 3 hari lalu di Samudra Pasifik utara Papua. Kini, siklon tropis itu semakin menguat berdasarkan pemantauan terkini dari Joint Thypoon Warning Center.

“Hasil kordinasi kami dengan BMKG Pusat, penguatan siklon tropis 94W ini berdampak pada pembentukan sistem awan konvektif skala meso yang meluas,” terangnya.

Pihaknya memprediksi ada peningkatan hujan dan durasi hujan yang persisten selama 2 hari berturut-turut. Hal itu tak hanya dipengaruhi oleh penguatan siklon tropis 94W. Melainkan juga didukung oleh suplai kelembaban yang sangat tinggi dari Samudra Pasifik. Saat ini situasi tersebut terkonsentrasi di bagian barat Pasifik atau perairan timur Indonesia dan memanjang hingga perairan timur Australia.

“Masyarakat perlu mewaspadai dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap peningkatan hujan yang siginifikan persisten selama tanggal 13-15 April 2021. Hujan ini dapat berpotensi menimbulkan bencana banjir, banjir bandang, dan longsor,” tegasnya. (ra/eem)


Bagikan Artikel