Lain-lain

PJU Rusak, Tikungan Pantai Bentar Gelap dan Rawan Laka


PROBOLINGGO – Kondisi penerangan jalan umum (PJU) di sekitar tikungan pantai Bentar masuk perbatasan kecamatan Gending dan Dringu sangat memprihatinkan. Pada malam hari kondisinya sangat gelap tak ada PJU yang menyala.

Kondisi ini pun dinilai sangat membahayakan bagi pengguna jalan yang melintas di ruas jalan Nasional tersebut. Terlebih selain kondisi jalan yang menikung tajam dan rawan terjadi kecelakaan. Keberadaan tebing bukit Bentar yang berada di sisi selatan jalan juga masuk zona rawan longsor.

Padahal di tikungan yang berada di sisi timur, telah terdapat PJU yang aktif. “Sudah lama kayak gini mas, memang dulu sempat ada PJU-nya. Tapi itu sudah lama, PJU-nya entah kemana. Apakah tidak berfungsi atau justru memang sudah tidak ada,” Kata Ridwan (34) warga yang tinggal tak jauh dari tikungan Bentar, Selasa (23/3).

Dijelaskannya, karena buruknya kondisi penerangan di sisi barat tikungan Bentar. Kecelakaan kalau lintas pun seperti hal yang biasa terjadi di kawasan itu. Bahkan terakhir pada bulan Februari lalu sempat terjadi guguran bongkahan batu yang longsor dari atas bukit Bentar.

Beruntung saat itu langsung ada pengendara yang memberi peringatan kepada pengendara lainnya untuk mengurangi kecepatannya. “Kalau tidak kecelakaan lalu lintas pun bisa kembali terjadi. Karena batunya berada tepat ditengah jalan dan pas berada ditikungan itu. Saat itu pun gelap gulita, karena memang tidak ada PJU-nya,” jelasnya.

Senada, Choirul warga Kota Probolinggo yang tiap malam melintasi tikungan Bentar mengatakan, bahwa minimnya PJU ditikungan Bentar itu membuat dia yang menggunakan kacamata, cukup kesulitan. “Apalagi kalau hujan, jalannya dari licin dan tidak terlihat dengan jelas. Sangat membahayakan kalau terus dibiarkan,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto saat dihubungi Koran Pantura berjanji akan segera memerintahkan anak buahnya untuk memperbaiki titik PJU yang tidak berfungsi di tikungan Bentar itu. “Ya besok diperbaiki,” katanya singkat. (tm/ra)


Bagikan Artikel