Lain-lain

Diterpa Hujan, Pohon Tumbang

LUMBANG – Peristiwa pohon tumbang kembali terjadi di ruas jalan raya menuju obyek wisata Gunung Bromo. Kemarin (14/1), sebatang pohon asam jawa berusia puluhan tahun tumbang di jalan raya Desa/Kecamatan Lumbang. Peristiwa itu sempat mengakibatkan jalur menuju Gunung Bromo via Kecamatan Tongas tertutup.

Warga sekitar lokasi kejadian langsung melakukan penanganan bersama Pemerintah Desa Lumbang dan Polsek Lumbang. Mereka bahu-membahu mengevakuasi seluruh batang pohon yang tumbang menutupi jalan raya.

Sebelum pohon itu tumbang, hujan lebat dan angin kencang mengguyur kawasan Lumbang dan sekitarnya. Akar pohon tersebut rupanya tak kuat menahan derasnya hujan dan angin, hingga kemudian tumbang ke badan jalan raya.

“Dari peristiwa ini nihil korban, Mas. Jalan memang sempat macet, tapi bisa langsung teratasi berkat kerja bakti dengan warga,” kata Kanit Reskrim Polsek Lumbang Bripka Dadang kepada Koran Pantura.

Kendati tak ada korban jiwa, namun ia meminta masyarakat tetap waspada jika hujan lebat turun di kawasan Lumbang. Sebab, di sepanjang jalur bromo via Tongas ada beberapa pohon tua lain yang berada di pinggiran jalan. “Namanya juga antisipasi, kalau deras, sebaiknya yang berkendara dengan sepeda motor bisa berhenti sementara menunggu hujan reda,” imbaunya.

Terkait pohon yang dinilai rawan tumbang, pihaknya akan melaporkan pada dinas terkait untuk segera dilakukan pemangkasan. “Daripada terjadi hal yang tak diinginkan, lebih baik dipangkas saja,” ungkapnya. (rul/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan