Lain-lain

Stasiun Air Siap Minum Dibongkar


KRAKSAAN – Pengunjung yang rutin melakukan olah raga di alun-alun Kraksaan saban harinya, kini tidak lagi bisa memanfaatkan Stasiun Air Siap Minum (SASM). Pasalnya, 3 SASM tersebut kini sudah dibongkar.

Muhammad Musleh salah seorang warga sekitar yang rutin melakukan olah raga di taman tersebut saban harinya mengatakan, sebelum dibongkar ia jarang membawa botol air minum ketika melakukan olah raga. Sebab, ia masih bisa memanfaatkan SASM tersebut.

“Sekarang bawa sendiri air minum dari rumah, biar tidak usah beli kalau haus,” katanya, Selasa (9/3).

Ia mengaku, keberadaan SASM tersebut memang sangat bermanfaat terhadap pengunjung alun-alun. Musleh pun berharap, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH)) Kabupaten Probolinggo dapat segera memasang SASM tersebut.

“Kalau tidak salah yang tidak ada itu sekitar semingguan. Tapi kalau bisa dipasang lagi, meskipun satu yang dipasang. Setidaknya bisalah buat ambil air saat olah raga,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala DLH setempat Dwijoko Nurjayadi mengatakan, pembongkaran terpaksa dilakukan lantaran kran air yang ada di SASM tersebut mengalami kerusakan. Dengan adanya kerusakan tersebut, praktis SASM sudah tidak bisa lagi dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Awalnya rusak, jadi tidak berungsi. Makanya dari pada nganggur, akhirnya dibongkar,” paparnya.

Ia pun menyebut, pengbongkaran sendiri langsung ditangani oleh pihak Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Probolinggo selaku pihak Corporate Social Responsibility (CSR) yang melakukan pemasagang SASM tersebut. Dan pihaknya hanya bertugas untuk melakukan perawatan.

Joko menjelaskan, sebelum dilakukan pembongkaran, pihaknya sudah sering melakukan penggantian kran pada SASM tersebut. Pasalnya, kran SASM tersebut sering hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Sebelumnya sudah sering kami ganti itu krannya, karena sering hilang. Dan akhirnya sekrang sudah dibongkar oleh PDAM,” terangnya. (ay/ra)


Bagikan Artikel