Lain-lain

Pipa Bawah Laut 225 Meter Rampung Disambung


SUMBERASIH – PDAM Kabupaten Probolinggo sedikit mengalami kesulitan untuk perbaikan pipa yang terputus ke Gili Ketapang. Opsinya, PDAM melakukan tambahan pipa sepanjang 225 meter.

Sebelum penyambungan di dasar laut, PDAM sendiri kemarin melakukan penyambungan pipa sepanjang 225 meter di darat yakni di kawasan pantai baderan.

Jika kondisi hari ini baik, dijadwalkan akan dilakukan penyambungan pipa di dasar laut. “Ya semoga cuacanya membaik, yang jelas dari kemarin kami sudah menyambungkan pipa depan sepanjang 225 meter. Selanjutnya, akan disambungkan dari titik kedua dan ke tiga,” kata Direktur PDAM Kabupaten Probolinggo Gandhi Hartoyo.

Pipa sepanjang 225 meter itu nantinya akan ditarik dengan beberapa kapal ke tempat titik kedua dan ketiga.

Gandhi sendiri mengaku tak bisa memastikan saluran pipa ke gili kembali normal. “Ya mudah-mudahan tidak ada lagi yang bocor,” katanya.

Setelah dilakukan penyambungan itu, nantinya akan dilakukan uji coba terhadap saluran pipa yang diduga terputus akibat jangkar kapal tangker tersebut. “Ya kalau sudah tersambung semua, kami akan kembali uji coba, kalau pun nanti selama tiga jam belum mengalir, nanti akan dipantau kembali,” katanya. (rul/awi)


Bagikan Artikel