Lain-lain

Pengendara yang hendak menuju Bromo via Probolinggo kemarin sore tak bisa melewati jalan Desa Sukapura karena ada 3 pohon jati tumbang. (Choirul Umam Masduqi/Koran Pantura)

3 Pohon Jati Tumbang


SUKAPURA – Tiga pohon Jati berukuran besar di Desa/Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo roboh, Kamis (10/1) sore. Pohon-pohon itu roboh menutupi badan jalan menuju Gunung Bromo. Meski tidak ada korban jiwa, namun situasi tersebut membuat akses menuju Gunung Bromo via Probolinggo ditutup sementara.

Sebelum tiga pohon jati itu roboh, kawasan Sukapura dan sekitarnya diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Diduga kuat, akar pohon tak kuat karena terus menerus diguyur hujan hingga tumbang.

Pengendara yang melintasi kawasan itu pun terjebak macet. Mereka terpaksa melewati jalur lain yang jarak tempuhnya cukup jauh. Yakni melalui Kecamatan Lumbang.

Oleh warga dan pemerintah desa setempat, 3 pohon yang roboh itu langsung ditangani. Mereka memotong ranting dan dahan pohon secara gotong royong. Hingga sekitar pukul 20.00, proses evakuasi 3 pohon itu masih berlangsung. “Kami pakai mesin potong, Mas. Mudah-mudahan segera bisa dilewati,” ujar Kepala Desa Sukapura Budi Cahyono.

Di sisi lain, agar pengendara tidak terjebak di tempat tersebut, Polsek Sukapura lansung menutup akses jalan dengan mengunakan alat seadanya seperti bambu. Hal itu dilakukan untuk memperlancar proses evakuasi pohon dari badan jalan. “Karena ini jalur utama ke Gunung Bromo, selain dari Tongas. Makanya kami mengupayakan agar masalah ini segera teratasi,” kata Kapolsek Sukapura Iptu Sugeng Hariono.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan  pihak jasa wisata di kawasan Gunung Bromo. Para wisatawan dimintanya agar diarahkan melewati Tongas melalui Desa Purut, Kecamatan Lumbang. “Kami juga minta masyarakat untuk waspada karena musim hujan seperti ini bisa menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan,” harapnya. (rul/eem)


Bagikan Artikel