Lain-lain

Akhir Pekan Diprediksi Hujan Lebat

PROBOLINGGO – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memberikan informasi terbaru mengenai prakiraan cuaca. Khususnya di wilayah Probolinggo dan wilayah Jawa Timur lainnya. BMKG Juanda menyatakan, sejak hari ini (11/1), sebagian besar wilayah di Indonesia masuk puncak musim hujan.

“Wilayah Jawa Timur termasuk Probolinggo berpotensi mengalami angin kencang dan hujan intensitas lebat. Sebelum melakukan aktivitas besok, sebaiknya simak prakiraan cuaca di akun sosial media BMKG,” terang Kepala BMKG Juanda Surabaya Nur Huda.

Menurutnya, hari ini diperkirakan masih terdapat dua sirkulasi siklonik atau angin taifun di Kalimantan bagian barat dan perairan Maluku Utara. Selain itu masih terdapat daerah belokan angin dan pertemuan angin di sepanjang wilayah Indonesia. “Hal itulah yang bisa membuat hujan lebat disertai angin kencang,” ungkapnya.

Wilayah potensi angin kencang terjadi  Jawa Timur dan wilayah sekitarnya. “Besok (hari ini, red) masyarakat perlu waspada terjadi hujan lebat. Pola cuaca, yakni pagi cerah berawan, siang cerah berawan, malam hujan lokal, dini hari cerah berawan,” terang Nur.

Artinya, masyarakat yang hendak berpelesir pada hari ini punya waktu dari pagi sampai siang hari. Kemudian, Nur menyarankan masyarakat lebih baik tidak mengunjungi pegunungan karena hujan lokal berpotensi besar di wilayah itu. “Intinya waspada saat menikmati liburan akhir pekan,” kata Nur. (ra/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan