Lain-lain

Mas Zulmi Dorong Peningkatan Kualitas Ternak


DRINGU – Pemkab Probolinggo tiap tahun selalu memberikan perhatian besar terhadap sektor peternakan. Pasalnya, sektor ini adalah bagian penting dari penyuplai kebutuhan konsumsi masyarakat. Upaya ini mendapat dukungan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Probolinggo.

Ketua Dewan Pembina HIPMI setempat H. Zulmi Noor Hasani mengatakan, produktivitas ternak di Kabupaten Probolinggo selama beberapa tahun terakhir dinilai telah memenuhi target yang ditetapkan. Bahkan perkembangannya selalu menggembirakan.

“Capaian ini patut dipertahankan dengan cara-cara yang positif,” ujar putra dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin ini ketika memberikan sambutan dalam sebuah acara di Rumah Ternak milik Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, pekan lalu.

Ia menyatakan, HIPMI selalu mendukung segala bentuk pengembangan sektor peternakan di wilayah Kabupaten Probolinggo. Sebab selain bisa memenuhi kebutuhan konsumsi daging masyarakat, usaha di bidang peternakan juga bermanfaat secara ekonomi.

“Harus diakui bahwa peternakan merupakan sektor primer yang harus diperhatikan oleh semua pihak. Sebab produktivitas ternak akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena produknya dikonsumsi oleh masyarakat,” tegas Direktur Utama Koran Pantura ini.

Mas Zulmi, sapaan karibnya, berharap para peternak berkomitmen untuk merawat hewan ternak milik masing-masing. Kondisi hewan ternak yang sehat akan memberikan keuntungan ekonomis karena nilai jualnya akan tinggi di pasaran.

Oleh karenanya, ia meminta para petugas lapangan di bawah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk memaksimalkan perannya mendampingi para peternak.

“Kemampuan dan pengetahuan setiap peternak berbeda-beda. Jika ada teknik perawatan ternak yang tidak tepat, harap petugas lapangan ini memberikan dampingan agar peternak bisa merawat ternaknya dengan baik. Sehingga para peternaknya juga berkualitas,” harapnya.

Ia juga berharap hewan ternak yang diperjualbelikan di pasar hewan di wilayah Kabupaten Probolinggo memiliki kualitas yang baik. Selama ini, pasar hewan di Kabupaten Probolinggo dinilai memiliki reputasi yang baik. Sehingga banyak pembeli dari luar daerah yang datang membeli ternak di Probolinggo.

“Saya harap, para peternak serta para petugas lapangan berkolaborasi demi terciptakan sektor peternakan yang berkualitas. Ini demi peningkatan kualitas ternak serta peningkatan kesejahteraan peternak di wilayah Kabupaten Probolinggo,” kata Mas Zulmi. (eem)


Bagikan Artikel