Lain-lain

Alun-Alun Kota Probolinggo Tutup Lagi


PROBOLINGGO – Setelah sempat dibuka menjelang tahun baru 2021, kini alun-alun Kota Probolinggo ditutup lagi. Belum diketahui alasan penutupan ini. Namun yang jelas alun-alun masih dalam status pemeliharaan oleh pihak kontraktor.

Kabid Konservasi dan Pertamanan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo Nelly saat dikonfirmasi mengaku tidak tahu alasan penutupan alun-alun.  Sebab, hingga saat ini alun-alun belum diserahkan ke DLH oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Permukiman (PUPR).

Karena itu, kata Nelly, bidangnya masih belum bisa ikut cawe-cawe soal alun-alun. Baik soal penerangan, kebersihan dan tamannya. “Proyek tahap kedua sudah selesai. Tetapi belum diserahkan ke DLH oleh PUPR,” ujarnya, Kamis (14/1) siang.

Diperkirakan, alun-alun diserahkan setelah seluruh proyek rampung dikerjakan. Soal ada petugas yang membersihkan alun-alun saat ini, Nelly menyebut mereka bukan petugas DLH. “Mungkin petugas dari kontraktor. Kan masih tahap pemeliharaan,” tambahnya.

Alun-alun Kota Probolinggo ditutup lagi setelah sempat dibuka menjelang tahun baru 2021. Belum diketahui alasan ditutupnya fasilitas umum tersebut. (Agus Purwoko/Koran Pantura)

Alun-alun Kota Probolinggo ditutup lagi setelah sempat dibuka menjelang tahun baru 2021. Belum diketahui alasan ditutupnya fasilitas umum tersebut. (Agus Purwoko/Koran Pantura)

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo Agus Riyanto  membenarkan kalau alun-alun ditutup lagi. Alasannya, alun-alun masih belum dibuka untuk umum, karena khawatir rumputnya rusak diinjak pengunjung. “Katanya rumputnya takut rusak,” ujarnya.

Tentang kelanjutan proyek tahap ketiga, Agus berterus terang tidak tahu, apakah masih ada proyek lagi atau tidak. Pihaknya masih akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas PUPR. “Kami belum tahu, apa ada proyek lanjutan. Makanya saat RDP nanti, akan kami tanyakan. RDP-nya Senin,” tambahnya.

Sedangkan  Kepala Dinas PUPR Agus Hartadi saat dikontak kemarin masih tidak merespons.

Sementara dari pantauan Koran Pantura di lapangan, kemarin tampak beberapa pekerja masih memotong rumput di alun-alun sisi selatan. Pintu sisi barat dan selatan  ditutup. Sedangkan pintu sisi timur terbuka hanya untuk yang berkepentingan. (gus/iwy)


Bagikan Artikel