Lain-lain

Stok Urea Berkurang, ZA Bertambah


KRAKSAAN – Kabar baik dan buruk akan segera berhembus pada telinga para petani di Kabupaten Probolinggo tahun ini. Kabar baiknya stok pupuk ZA subsidi untuk lahan pertanian mengalami penambahan. Sementara pupuk urea subsidi mengalami pengurangan.

Kasi Pupuk dan Pestisida pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo Suparlan menyampaikan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari pemerintah pusat pada 7 Januari lalu, stok pupuk untuk Kabupaten Probolinggo relatif mengalami penambahan.

Akan tetapi, menurutnya, ada beberapa jenis pupuk yang mengalami penambahan dan pengurangan secara spesifik. Terutama Pupuk Urea dan pupuk ZA. begitu pula dengan jenis pupuk lainnya.

“Secara akumulatif, tahun ini stok pupuk relatif bertambah. Namun, di samping bertambahnya stok itu, ada beberapa jenis pupuk lainnya yang dikurangi stoknya,” ungkapnya, Senin (11/1).

Untuk stok alokasi pupuk urea berubsidi tahun ini sebesar 35 ribu ton. Lebih kecil dari tahun sebelumnya sebesar 40 ribu ton. Sementara, untuk stok alokasi pupuk ZA tahun ini sebesar 18 ribu ton. Lebih besar dari tahun sebelumnya yaitu 16 ribu ton.

“Begitu pula dengan jenis pupuk bersubsidi lainnya. Ada yang mengalami penambahan ada yang berkurang. Namun, secara keseluruhan relatif bertambah,” papar Suparlan saat dikonfirmasi.

Suparlan tidak bisa menjelaskan adanya pengurangan itu secara gamblang. Menurutnya, itu sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat. Pihaknya hanya menjalankan kebijakan tersebut di daerah. Sebagai solusi kekurangannya bisa menggunakan alokasi pupuk non subsidi.

“Tapi itu bisa berubah sewaktu-waktu. Artinya, kemungkinan dalam berjalannya waktu ada penambahan alokasi pupuk. Seperti tahun kemarin penambahan juga dilakukan di pertengahan tahun,” sebutnya. (yek/awi)


Bagikan Artikel