Lain-lain

Jembatan Jalan Bimo Diperbaiki


PAKUNIRAN – Sejak awal tahun, jembatan jalan di Desa Bimo, Kecamatan Pakuniran sudah mengalami kerusakan. Para pengendara yang melintas pun harus bergantian melintasi jalan tersebut. Dan, sejak sepekan yang lalu para pengendara tidak perlu lagi melakukan hal terebut. Sebab, kini jembatan jalan tersebut sudah diperbaiki.

Camat Pakuniran Hari Pribadi menjelaskan, perbaikan jembatan jalan itu dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo. Di mana sebelumnya, pihaknya mengakukan proposal perbaikan jembatan jalan tersebut.

“Sekitar 2 minggu yang lalu kami sudah mengirim proposal ke BPBD. Ternyata tidak lama dari pengajuan itu, perbaikan dilakukan. Dan saat ini sudah bisa digunakan dengan normal,” katanya, Senin (16/11).

Ia menambahkan, sebelum mengajukan proposal ke pihak BPBD, pihaknya sudah melakukan pengajuan perbaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat. Namun saat itu pihak DPUPR melalui UPT Pengelolaan Jalan dan Sumber Daya Air (SDA) masih belum bisa melakukan perbaikan. Penyebabnya tidak lain adanya pandemi Covid-19, yang membuat dana untuk perbaikan jembatan jalan tersebut ada refocusing.

“Sebelumnya kami juga sudah mengirimkan proposal ke pihak PUPR, namun masih belum bisa memperbaiki. Akhirnya kami coba ajukan ke BPBD,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala UPT Pengelola Jalan dan Sumber daya Air (PJ-SDA) setempat Ria Lutvi Diarini mengatakan, pihaknya sebetulnya sudah melakukan penganggaran kembali untuk peraikan jembatan jalan tersebut. Namun ternyata jembatan sudah dilakukan perbaikan.

“Oleh pihak PUPR sendiri sudah dianggarkan pada tahun ini, dan akan dilakukan perbaikan. Namun setelah dilakukan pengecekan ulang, ternyata sudah selesai diperbaiki oleh pihak BPBD. Sehingga anggarannya dialihkan ke pemeliharaan jalan hotmix. Dananya diambil dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK),” ujarnya. (ay/ra)


Bagikan Artikel