Lain-lain

Mas Zulmi Tebar Benih Ikan, Gandeng Kemenag


PAITON – Hasan Foundation berusaha istikamah melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan. H. Zulmi Noor Hasani selaku Direktur yayasan tersebut menggandeng Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo. Salah satu kegiatan yang digelar adalah penguatan madrasah entrepreneurship.

Kegiatan tersebut digelar di MTsN 1 Probolinggo di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Rabu (4/11). Ada sejumlah aktivitas yang dilakukan. Yakni menebar benih ikan di kolam ikan madrasah dan penanaman bibit pohon dan sayur mayur di lingkungan madrasah. Selain itu, Mas Zulmi, sapaan karib H. Zulmi Noor Hasani, juga berbagi pengalaman tentang dunia entrepreneur dengan para guru madrasah tersebut.

Mas Zulmi mengatakan, kegiatan di MTsN 1 Probolinggo harusnya menjadi inspirasi bagi setiap guru. “Kita masing-masing memiliki kewajiban untuk senantiasa peduli kepada lingkungan. Menebar ikan dan menanam pohon itu merupakan kepedulian kepada diri sendiri, yang berimbas kepada lingkungan sekitar,” ungkap putra dari Pimpinan Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin ini.

Tokoh muda yang juga menjadi Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo ini mengapresiasi Kemenag Kabupaten Probolinggo yang berinisiatif menggelar program penguatan madrasah entrepreneurship.

“Ini program bagus. Kemenag mengajak jajaran di bawahnya untuk rutin melakukan hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Kalau menebar benih ikan di rumah, lalu ikannya besar, bisa dikonsumsi oleh keluarga sendiri di rumah. Sayurnya juga bisa petik sendiri tanpa perlu ke pasar,” terang Mas Zulmi.

Dari sisi kewirausahaan, budidaya ikan merupakan bisnis yang punya pasar bagus. Jika dikembangkan dengan serius, bisnis ini bisa mendatangkan pendapatan bagi pelaku bisnisnya.

“Hasan Foundation mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumahnya. Tanami pohon, sayur-mayur. Jika cukup luas, bisa buat kolam. Hasil budidayanya bisa digunakan untuk keluarga sendiri maupun dikembangkan menjadi bisnis,” terang Mas Zulmi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo Akhmad Sruji Bahtiar juga memberikan apresiasi kepada Hasan Foundation. Ia mengatakan, kepedulian yang ditunjukkan yayasan ini memberi arti penting bagi pihaknya dalam menjalankan program madrasah entrepreneurship.

“Kami berupaya membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Probolinggo. Kami mulai dari kalangan kami sendiri. Yaitu di lingkungan kantor KUA (Kantor Urusan Agama) di setiap kecamatan, di madrasah-madrasah, dan di rumah kami masing-masing,” terang Bahtiar.

Ia berharap program tersebut diterapkan oleh setiap personel di bawah Kemenag. “Tujuannya demi membangun Kabupaten Probolinggo ke depan menjadi semakin baik,” tegasnya. (awi/eem)


Bagikan Artikel