Lain-lain

Tujuh Pegawai Meninggal Terkonfirmasi Covid, Pemkot Wajibkan Senam Cerdik


PROBOLINGGO – Pemkot Probolinggo kini mewajibkan seluruh pegawainya senam cerdik rutin setiap Senin hingga Kamis di halaman kantor masing-masing. Tujuannya untuk menjaga stamina tubuh tetap sehat di masa pandemic Covid-19.

Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona. Terlebih berdasar data Dinas Kesehatan setempat, sudah ada 7 orang pegawai pemkot yang meninggal setelah terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya, 6 pegawai asal kota dan 1 orang  warga kabupaten.  

Senam cerdik yang dilaksanakan Senin (12/10) pagi diikuti Walikota Hadi Zainal Abidin, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, para asisten dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta   pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Probolinggo. Senam yang digelar di halaman kantor walikota itu instrukturnya dari Dinas Kesehatan P2KB.  

Senam sebagai wujud Gerakan Masyarakat Sehat Produktif dan Ceria itu diawali dengan dua kali senam cerdik, satu kali senam Maumere dan satu kali senam Goyang Nasi Padang. Senam sambil berjemur di terik matahari itu berlangsung sekitar 10 sampai 15 menit.

Menurut Walikota Hadi, senam cerdik menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. “Imun harus tetap terjaga supaya saat aktivitas tdak ada kendala. Di masa pandemi ini harus banyak berolahraga. Semua OPD harus melaksanakan dan suatu keharusan. Luangkan waktu untuk berolahraga, ajak keluarganya. Olahraga banyak manfaatnya,” ajaknya.

Sekedar diketahui, senam cerdik adalah gerakan olahraga yang diluncurkan Kementerian Kesehatan. Cerdik merupakan akronim dari cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik.

Manfaatnya, risiko terjadinya penyakit tidak menular pada lansia makin kecil. Penyakit tidak menular yang menjangkiti lansia seperti diabetes melitus, hipertensi, serangan jantung, hingga stroke. Penyakit tersebut tergolong kronis, namun dapat dicegah dengan cara pola hidup sehat, salah satunya melakukan senam cerdik.

Pada mereka yang belum masuk kategori lansia, senam cerdik bermanfaat, Menjaga kelenturan sendi, Menjaga kekuatan otot, Meningkatkan kelincahan dan keluwedan tubuh, Menjaga tubuh tetap ideal, sehat, dan bugar, Melancarakan peredaran darah, Meningkatkan konsep diri dan kemampuan sosial bila dilakukan bersama-sama.

Gerakan senam cerdik bersifat dinamis atau berubah-ubah disesuaikan dengan kelompok umur. Gerakan yang dilakukan bersifat progresif alias meningkat, dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Senam ini biasanya berlangsung 15-60 menit. Untuk merasakan manfaat senam ini, disarankan melakukan minimal 2-3 kali per minggu. (gus/iwy)


Bagikan Artikel