Lain-lain

Hasan Aminuddin Buka Konfercab IPNU dan IPPNU


LECES – Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan H Hasan Aminuddin Minggu (27/9) membuka secara resmi Konferensi Cabang (Konfercab) Pengurus Cabang (PC) IPNU ke XX dan IPPNU ke XIX Kabupaten Probolinggo. Acara ini digelar di aula pertemuan kantor PCNU Kabupaten Probolinggo di Desa Warujinggo, kecamatan Leces.

Dalam sambutannya, Hasan yang saat ini menjabat wakil ketua Komisi IV DPR RI, menyampaikan ada beberapa hal yang harus diamalkan oleh anggota IPNU dan IPPNU kabupaten Probolinggo. Mulai dari memahami falsafah Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan salah satu organisasi yang besar dalam hal kematangan dan kemandirian serta kewibawaan yang telah dimiliki sejak kelahirannya.

“Jauh sebelum bangsa Indonesia merdeka, NU telah mampu membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Serta memiliki nilai kebersamaan dalam ikatan persaudaraan dan kekeluargaan yang kokoh di antara semua elemen masyarakat. Sehingga tugas dan tanggung jawab para kader NU dan pengurus IPNU dan IPPNU yang nantinya terpilih. Akan jauh lebih besar seiring perkembangan jaman,” ujarnya kemarin.

Disebutkan bahwa dengan tanggung jawab yang besar itu, anggota dan pengurus IPNU dan IPPNU nantinya harus dapat selalu tampil menjadi pelopor terdepan dalam memberi contoh teladan kepada para pelajar dalam berjuang dan mengabdikan dirinya kepada agama, masyarakat, bangsa, dan negara.

“Karena itu saya sampaikan dalam acara konfercab ini. Pilihlah pemimpin dengan cara musyawarah mufakat hingga didapat pemimpin yang amanah dan bertanggung jawab. Karena sejatinya seorang pemimpin kelak akan ditagih pertanggung-jawabannya di yaumul hisab,” sebutnya.

Lebih lanjut, mantan Bupati Probolinggo 2 periode ini mengatakan bahwa regenerasi di dalam tubuh IPNU dan IPPNU yang merupakan badan otonom dari NU adalah suatu keharusan. Ini demi keberlangsungan pengkaderan dalam organisasi itu sendiri.

“Kader IPNU dan IPPNU yang berkualitas hadir berkat proses kaderisasi yang baik. Karena itu saya berharap dalam konfercab ini. Terjadi pemilihan yang demokratis dan berdasarkan musyawarah mufakat atau aklamasi,” katanya.

Sementara itu hingga berita ini ditulis Minggu (27/9) petang, Konfercab PC IPNU ke XX dan IPPNU ke XIX kabupaten Probolinggo masih berlangsung. (tm/iwy)


Bagikan Artikel