Kategori: Lain-lain

Direktur RSUD dr Moh. Saleh Terpapar Covid, Pelayanan Tetap Normal

PROBOLINGGO – Plt Direktur RSUD dr Moh. Saleh Kota Probolinggo dr Abraar HS Kuddah  terpapar Covid-19. Namun meski direkturnya positif terpapar corona, RSUD dr Moh. Saleh Kota Probolinggo tidak sampai ditutup.

“Pelayanan di RSUD Kota Probolinggo tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat.” Terang dr Abraar saat dikonfirmasi, Minggu (13/9) siang. Menurutnya, RSUD tidak perlu ditutup, agar masyarakat tidak menjadi bingung ketika butuh berobat atau  memeriksakan kesehatannya.

Dokter yang juga menjabat juru bicara Satgas Penanggulangan dan Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo ini menyatakan, pihaknya telah mengantisipasi pengunjung RSUD tidak terpapar virus corona. Langkah yang diambil ialah dengan menjalankan protokol kesehatan secara lebih ketat. “Kami sudah antisipasi sedini mungkin. Jangan sampai ada pengunjung RSUD terpapar,” ujarnya.

Mengenai operasi pasien, dokter Abraar menyatakan pihaknya telah mempersiapkan tim medis dan kepala operasi. Ia juga telah memerintahkan untuk menyemprot ruangan dan fasilitas di RSUD. Bahkan untuk penanganan pasien, dr Abraar mengaku telah menyiapkan tim medis dan paramedis yang tangguh. “Jadi, RSUD tidak perlu ditutup. Pelayanan tetap kami buka,” tandasnya.

Dokter Abraar yang juga pemilik RS Dharma Husada Kota Probolinggo ini membenarkan bahwa dirinya positif terpapar Covid-19 sejak Kamis (10/9) lalu. Itu diketahui setelah dirinya melakukan swab yang digelar pemkot.

“Kamis lalu, saat kami ikut swab bersama OPD lain di pemkot. Tetapi sekarang saya sudah baikan,” katanya. Meski demikian, dokter Abraar masih menjalani karantina mandiri di rumahnya.

Artikel Terkait

Selain itu, Dinas Kesehatan telah melakukan tracking terhadap keluarga dan rekan yang pernah kontak dengan dokter Abraar. Hasilnya, tak ada satupun yang tertular virus corona. “Keluarga kami negatif semua. Termasuk teman-teman yang pernah kontak langsung sebelumnya dengan saya,” tambahnya.

Saat ditanya klaster penularan, dokter Abraar menjawab tidak tahu. Sebab, mobilitasnya memang tinggi. Tidak hanya bepergian ke Surabaya dan kota-kota lain di Jawa Timur, dokter Abraar juga kerap mengunjungi Jakarta di tengah pandemic Covid-19 ini. “Enggak tahu, apakah tertular di RSUD atau di tempat lain. Mobilitas saya kan tinggi. Saya sering bolak-balik ke Jakarta,” katanya.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo Agus Riyanto menyatakan tidak mempermasahkan RSUD tetap buka, meski direkturnya positif terpapar corona. Menurut Agus, yang paling penting adalah RSUD lebih memperketat penerapan protokol kesehatan. “Kalau ditutup, justru masyarakat kebingungan. Kalau ada yang sakit, mereka mau kemana?” ujarnya.

Selanjutnya, Agus meminta pihak RSUD melakukan sterilisasi ruangan direktur dengan melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari. Selain itu, seluruh ruangan dan fasilitas yang dimiliki RSUD juga harus dibersihkan dan disemprot.

“Itu yang penting. Dan kami berharap masyarakat tidak panik atau takut sama virus corona. Cegah dengan menjalankan dan mematuhi protokol kesehatan,” katanya. (gus/iwy)

Artikel Terbaru

Pilkades Serentak 62 Desa, Siapkan Anggaran Rp 1,5 Miliar

KRAKSAAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Probolinggo tahun 2021 mendatang dipastikan hanya…

21 Oktober 2020

Waduh, Ada Sampah Medis di Stadion Bayuangga

PROBOLINGGO - Warga di sekitar Stadion Bayuangga Kota Probolinggo mengeluhkan adanya tumpukan sampah yang berserakan…

21 Oktober 2020

Satpol Kota Probolinggo Bongkar Tempat Judi

PROBOLINGGO - Satpol PP Kota Probolinggo bergerak memberantas perjudian. Selasa (20/10) sore, Satpol PP membongkar…

20 Oktober 2020

TNBTS Ingatkan Soal Gempa Freatik

SUKAPURA - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mengingatkan wisatawan tentang bahaya letusan…

20 Oktober 2020

Kumpulkan Minyak Jelantah, Cegah Warga Konsumsi Minyak Curah

PROBOLINGGO-Yayasan Komunitas Kritis Indonesia (YKKI) Cabang Kota Probolinggo punya gawe yang patut diapresiasi. Mereka mengumpulkan…

20 Oktober 2020

Bafa Al Faiz Jawara Musik Islami

PROBOLINGGO - Kelompok Musik Bafa Al Faiz keluar sebagai juara pertama dalam Lomba Akustik Musik…

19 Oktober 2020