Lain-lain

Kendaraan truk yang akan mengangkut sumbangan warga masyarakat Jawa Timur untuk korban bencana banten dan Lampung. (Sibro Malisi/Koran Pantura)

Bantu Korban Tsunami, Kirim 38 Truk

PROBOLINGGO – Partai NasDem akan menggelar ekspedisi kemanusiaan bagi korban bencana tsunami di Banten dan Lampung. Rencananya, sebanyak 38 truk disiapkan untuk mengangkut bantuan barang dan makanan non uang tunai. Seluruh armada akan serentak diberangkatkan dari titik-titik yang telah diatur oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Ketua DPP Partai NasDem Bidang Masyarakat Adat dan Agama H Hasan Aminuddin mengatakan, ekspedisi tersebut merupakan bentuk kepedulian partainya kepada warga Indonesia yang tertimpa bencana. “Lupakan dulu sejenak persaingan antara caleg. Hari ini harus berbuat kepada sesama,” tegasnya.

Seluruh armada akan berangkat dari Jakarta untuk mendistribusikan bantuan ke Lampung dan Banten. “Harapannya dapat meringankan beban para warga masyarakat yang hari ini tertimpa bencana,” ujarnya.

Hasan meminta kepada seluruh kader partai NasDem untuk berpartisipasi. Partisipasi berupa bantuan barang, bukan uang. Hal ini sekaligus bentuk transparansi terkait penerimaan barang di tangan korban bencana.

“Kami ingin transparan. Bantuan yang disalurkan tidak boleh berupa uang. Tidak harus baru. Misalnya baju, yang penting laik pakai. Semampunya dan tidak ada pemaksaan. Ini bentuk solidaritas, sifatnya tidak ada kewajiban. Tetapi lebih baik berpartisipasi,” ungkap suami dari Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari ini.

Sementara itu, Ketua DPD Partai NasDem Kota Probolinggo Zulfikar Imawan mengatakan, partisipasi dari masyarakat untuk memberikan bantuan kepada korban bencana sangat tinggi. Masyarakat semakin ikhlas karena bantuan yang disalurkan tidak berupa uang. “Masyarakat mengumpulkan bantuannya ke sekretariat kami,” terangnya.

Sejauh ini, ratusan paket sembako hingga pakaian laik pakai sudah terkumpul. Seluruh bantuan itu akan dipublikasikan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat. “Kami akan sampaikan nanti, karena penggalangan ini sampai 5 Januari,” sebutnya. (bro/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan