Lain-lain

Babinsa Harus Bujuk Siswa Sekolah Lagi

SUMBER – Lama libur atau sekolah dari rumah selama Pandemi Covid-19 berdampak kurang baik bagi minat belajar siswa. Apalagi yang berada di kawasan terpencil seperti di pegunungan Bromo. Karena mondisi itu pula, Babinsa yang berada di sembilan desa Kecamatan Sumber berkeliling desa. Tujuannya, membujuk siswa yang baru lulus SMP untuk melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK.

Upaya oleh aparat ini sejak dua minggu terakhir. Merupakan bagian dari sinergi berbagai pihak di tingkat Kecamatan Sumber agar minat bersekolah kembali menggeliat setelah masa Pandemi Covid-19 ini.

“Babinsa door to door untuk cari siswa ke SMP 3 dan SMP 2. Alhmdulillah dapat 5 siswa dari SMP 3 sumber dan 1 siswa dari SMPN 2,” kata salah satu tokoh Sumber H. Hasim pada Koran Pantura.

Dirinya yang juga menjabat sebagai komite di salah satu SMK Sumber ini mengatakan tidak hanya Babinsa yang berkeliling desa agar siswa tetap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, tapi juga dilakukan oleh guru. “Dari guru SMK sumber keliling bersama Babinsa,  kebetulan saya ketua komitenya,” jelas Hasim.

Bendahara PGRI Kabupaten Probolinggo ini mengaku prihatin dengan kondisi saat ini. “Kami prihatin akibat lama belajar dirumah, jadi enggan melanjutkan,” kata Hasim lagi.

Langkah seperti ini bisa dikatakan baru dilakukan tahun ini. Hal itu disebabkan karena memang bentuk dari kepedulian Koramil Sumber dalam hal dunia pendidikan. Apalagi, Kecamatan sumber menjadi salah satu kecamatan yang berada di daerah terpencil di Kabupaten Probolinggo.

“Danramil menurunkan babinsa ke 9 desa yang ada lulusan SMP dengan memberi motivasi untuk melanjutkan sekolah lebih tinggi,” tandasnya. (rul/ra)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan