Lain-lain

4 Pasien Sembuh, Kota Probolinggo Zero Positif Covid-19


Probolinggo. Empat orang pasien positif corona yang dirawat di RSUD dr Moh. Saleh telah dinyatakan sembuh. Kabar gembira ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo yaitu Walikota Hadi Zainal Abidin melalui video conference (vidcon), Kamis (18/6) siang.

Walikota mengapresiasi kinerja Gugus Tugas Penanganan Covid-19 bersama para tenaga kesehatan (nakes). Disebutkan ada 4 pasien terkonfirmasi positif virus corona yang sembuh.  Setelah melakukan test swab sebanyak 2 kali, mereka dinyatakan negatif. Empat pasien itu berasal dari  Kelurahan Sumbertaman, Pakistaji dan Mangunharjo.

Kabar baik ini segera dilaporkan ke Pemprov Jawa Timur. Dengan sembuhnya empat pasien tersebut, kini di RSUD tidak ada lagi pasien positif corona. Walikota Hadi berharap, warganya tidak ada lagi yang positif covid 19. Namun begitu, ia meminta warga tetap mawas diri, disiplin dan tidak lalai.

Pihaknya tetap menegakkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Walikota tetap akan bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk keperluan tersebut. Dalam vidcon kemarin, Walikota Hadi  juga mengajak masyarakat untuk berkomitmen menjalankan protokol kesehatan. “Mari jaga kedisiplinan. Pemerintah berupaya menekan angka penularan Covid-19 dengan penegakan disiplin,” tegasnya.

Vidcon yang berlangsung siang itu juga diselingi testimoni empat pasien yang sudah sembuh. Dokter Anung Sri Handayani yang mendampingi mereka, sempat meminta masyarakat untuk tetap menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menggunakan masker, menjaga jarak dan lebih baik tinggal di rumah.

“Beliau-beliau ini sudah sembuh. Tetapi dalam beraktivitas tetap menerapkan protokol kesehatan. Masker harus tetap dipakai. Kami minta jangan ada stigma negatif dari masyarakat, tentang pasien yang sudah sembuh dari Covid-19,” kata dr Anung yang seorang dokter spesialis paru di RSUD dr Moh. Saleh.

Sementara, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya menyatakan, Gugus Tugas telah melaksanakan 3T, yaitu Tes, Tracing dan Treatment. Mereka telah menjalankan 3 T tersebut dengan tepat dan sesuai prosedur. Hasilnya, seluruh pasien sembuh. “Kami salut dan bangga,” tandasnya.

Sedangkan Kajari Kota Probolinggo Yeni Puspita juga mengapresiasi para nakes yang sudah bekerja dengan baik. Begitu juga dengan Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo. Mereka berharap, masyarakat tetap disiplin melaksanakan protocol kesehatan, agar tidak ada lagi yang positif virus corona. “Kedisiplinan perlu dijaga dan ditegakkan terus. Agar tidak ada lagi warga yang terpapar Covid-19,” ujarnya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel