Lain-lain

Listrik Gratis Hingga September

PROBOLINGGO – Kabar gembira bagi masyarakat Probolinggo perihal program listrik gratis dan diskon. Pemerintah Pusat melalui PLN resmi memperpanjangnya. Program stimulus dampak dari pandemi virus corona atau Covid-19 itu diperpanjang hingga September 2020.

Awalnya, program subsidi token pulsa listrik gratis dan diskon ini hanya tiga bulan, April, Mei dan Juni 2020. Namun, kini diperpanjang hingga Juli, Agustus dan September 2020.

“Subsidi listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA yang sebelumnya mendapat subsidi sejak bulan April sampai Juni diperpanjang sampai dengan September,” kata Manajer PLN Probolinggo Gery, saat dikonfirmasi Koran Pantura, Senin (1/6) kemarin.

Dijelaskannya PLN menggulirkan program gratis dan diskon listrik ini untuk empat golongan. Adapun keempat golongan pelanggan mendapatkan program ini, yakni Pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA digratiskan selama 6 bulan, terhitung April – September 2020. Pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA Subsidi diberikan diskon 50 Persen selama 6 bulan, terhitung April – September 2020.

Sedangkan untuk pelanggan bisnis kecil (B1) daya 450 VA digratiskan selama 6 bulan, terhitung Mei – Oktober, serta Pelanggan industri kecil (I1) daya 450 VA digratiskan selama 6 bulan, terhitung Mei – Oktober.

“Untuk rumah tangga golongan tertentu gratis sampai bulan September, sedangkan untuk UKM kecil gratis sampai bulan Oktober. Atau kalau dihitung masing-masing gratis selama 6 bulan,” jelasnya.

Maka dari itu, Gery meminta kepada para pelanggan PLN untuk memastikan terlebih dahulu bahwa meteran atau KwH merupakan penerima program, caranya dengan mengecek struk pembayaran sebelumnya, dan lihat  pada kolom Tarif/Daya.

Jika tertera kode R1, maka Anda berhak mendapatkan gratis listrik atau diskon. Namun, jika tertera R1M, maka Anda tidak akan mendapatkan gratis listrik atau diskon. “Pelanggan dengan kode meteran R1/450 VA dan  R1T/450 VA, dapat listrik gratis 6 bulan. Sedangkan yang meterannya berkode R1/900 VA dan  R1T/900 VA dapat diskon,” ujarnya.

Adapun cara bagi pelanggan untuk mendapatkan program listrik gratis maupun diskon tersebut. Disebutkan Gery ada 2 cara yakni klaim via website resmi PLN di www.pln.co.id, dan klaim via WhatsApp dengan mengirimkan nomor id pelanggan atau meteran ke nomor ponsel 08122-123-123. “Cara klaimnya secara online dan via sistem yang sudah disiapkan. Kalau ada kesulitan silahkan hubungi call center kami di nomor 123,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan