Lain-lain

Baznas-Kartar Probolinggo Salurkan Zakat Fitrah ASN


LECES – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo bersinergi dengan Karang Taruna (Kartar) Kabupaten Probolinggo menyalurkan 1.290 paket zakat fitrah dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Probolinggo. Penyaluran zakat fitrah ASN ini secara resmi dilepas di Kantor Kecamatan Leces, Rabu (13/5) pagi.

Pelepasan ini dihadiri oleh Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Achmad Muzammil didampingi sejumlah komisioner Baznas Kabupaten Probolinggo, Penasehat HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kabupaten Probolinggo H. Zulmi Noor Hasani, Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili serta Camat Leces Suatmadi.

Camat Leces Suatmadi menyampaikan ucapan terima kasih atas alokasi zakat fitrah yang diberikan oleh Baznas Kabupaten Probolinggo dan Karang Taruna Kabupaten Probolinggo di wilayah Kecamatan Leces.

“Semoga perolehan dana zakat dan infaq Baznas dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga penyaluran zakat fitrahnya semakin bertambah dan bisa membantu meringankan dan membantu para kaum fakir miskin dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” harapnya.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Achmad Muzammil mengungkapkan ini adalah tahun kedua kerja sama Baznas Kabupaten Probolinggo dengan Karang Taruna Kabupaten Probolinggo. Kalau tahun lalu, pendataannya sudah disiapkan oleh MWCNU Kecamatan Kraksaan.

“Tahun ini kami berikan keleluasaan kepada Karang Taruna untuk ikut mendata kaum fakir miskin yang ada di 11 kecamatan wilayah barat Kabupaten Probolinggo. Karena untuk wilayah timur kami bekerja sama dengan GP Ansor Kota Kraksaan,” ungkapnya.

Menurut Muzammil untuk tahun ini, zakat fitrah yang diberikan mencapai 7.000 paket. Sebelum Ramadhan pihaknya juga sudah mengeluarkan 3 ribu sembako. Dimana 7.000 paket ini, berasnya berasal dari zakat fitrah dan sembakonya berasal dari zakat mal. Semua ini diperuntukkan bagi kaum dhuafa yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Untuk wilayah barat ini kami berikan Karang Taruna sebanyak 1.290 paket dan sisanya diberikan kepada yang sudah rutin menjalin kerja sama. Jadi sisanya Insya Allah untuk Kecamatan Leces ada tambahan dari Muslimat NU. Nanti bisa koordinasi dengan Karang Taruna Kecamatan Leces supaya tidak tumpang tindih,” jelasnya.

Muzammil mengharapkan kepada pengurus Karang Taruna untuk kerja sama ke depan bisa semakin banyak lagi. Apalagi dengan kehadiran Pensehat HIPMI dengan harapannya bisa menggugah para pengusaha muda untuk menyalurkan zakatnya di Baznas.

“Karena selama ini terus terang kami hanya mengumpulkan zakat dari ASN. Kemudian untuk stakeholder di masyarakat ada tapi tidak begitu banyak. Semoga ke depan bisa berkoordinasi dengan para pengusaha-pengusaha di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Probolinggo yang telah memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo untuk menjadi mitra Baznas sebagai penyalur zakat fitrah.

“Kalau tahun kemarin kami berkesempatan untuk berbagi sembako juga dengan para abang becak se-Kecamatan Kraksaan. Syukur Alhamdulillah, kami kembali mempunyai kesempatan lebih banyak dari tahun kemarin. Kami dipercaya untuk membantu penyaluran zakat fitrah di 11 kecamatan wilayah barat di Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 1.290 paket,” ujarnya.

Sementara, Penasehat HIPMI Kabupaten Probolinggo H. Zulmi Noor Hasani menyampaikan bahwa ke depan pihaknya akan mengajak para pengusaha muda yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk bersama-sama menyalurkan zakatnya di Baznas Kabupaten Probolinggo.

“Memang menyalurkan zakat di Baznas ini kelebihannya adalah tepat sasaran, penerima dan penyalurnya amanah. Kedua, efisiensi waktu sangat diperlukan. Selama ini kami di HIPMI tatkala melakukan kegiatan sosial terkadang sering terjadi miss komunikasi,” katanya.

Zulmi juga menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Karang Taruna. Memang Karang Taruna menjadi organisasi kepemudaan dan menjadi motor di tengah-tengah masyarakat. Jadi tepat sekali ketika Baznas menggandeng Karang Taruna untuk melakukan pendataan. “Saya mohon kepada bapak dan ibu, serta masyarakat, mari bersama-sama berdoa di bulan suci Ramadan ini agar wabah corona segera diangkat dan kita diberikan perlindungan oleh Allah SWT,” katanya.  (tm/iwy)


Bagikan Artikel