Lain-lain

Satpol PP Razia Warung Layani Bukber


PROBOLINGGO – Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari telah mengeluarkan surat edaran terkait larangan warung melayani warga yang menggelar buka bersama selama pandemi Covid-19. Hal itu ternyata tak diindahkan oleh beberapa pemilik usaha warung di kabupaten Probolinggo. Mereka bandel dan tetap melayani warga yang menggelar buka bersama di warung milik mereka.

Alhasil tindakan tersebut membuat gerah petugas dari Satpol PP Kabupaten Probolinggo yang langsung menggelar razia serentak di seluruh kecamatan pada Selasa (5/5) petang. Targetnya yakni warung yang kedapatan masih melayani orderan buka bersama.

“Kami mendapat banyak laporan warga karena masih banyak warga yang menggelar acara buka bersama di warung dan tidak memesan secara online atau membungkus pesanannya. Ini membuat kami melakukan penertiban terhadap sejumlah warung di beberapa kecamatan,” kata Plt Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo Ahmad Aruman, Selasa (5/5) kemarin.

Dijelaskannya, meski melakukan penertiban terhadap para pemilik warung itu, pihaknya tak sampai melakukan upaya represif seperti membubarkan atau menutup paksa warung yang dirazia. Melainkan hanya memberikan teguran pertama kepada para pemilik warung dan juga warga yang masih membandel untuk menggelar acara buka bersama di warung-warung tersebut.

“Sebagai awal kami berikan teguran, kedua kami lanjutkan dengan pernyataan tertulis. Apabila masih melanggar, maka baru penindakan sampai penutupan dan tidak diperpanjang izin usahanya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Aruman menyebut, demi memastikan tidak adanya lagi warung yang masih melayani acara buka bersama. Pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran anggotanya untuk menggelar patroli rutin utamanya di jam-jam seusai buka puasa.

“Mari bersama mematuhi apa yang menjadi instruksi dari ibu Bupati. Ini demi kebaikan bersama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (tm/awi)


Bagikan Artikel