Lain-lain

Pemkab Probolinggo Tutup Seluruh Obyek Wisata


PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo akhirnya menutup seluruh obyek wisata di wilayahnga akibat adanya pandemi global Covid-19. Hal ini diumumkan setelah Tim Satgas Covid-19 menerima instruksi langsung dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, Selasa (17/3).

Seluruh obyek wisata di Kabupaten Probolinggo dipastikan ditutup, termasuk obyek wisata andalannya, yakni Gunung Bromo. Aturan ini berlaku efektif selama 14 hari pada 17 – 31 Maret mendatang.

“Berdasarkan instruksi Bupati yang sebelumnya kami komunikasikan juga dengan kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, maka diputuskan seluruh objek wisata kami tutup sementara,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olaharga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto.

Menurutnya, Pemkab Probolinggo secara tegas mengimbau kepada seluruh pengelola objek wisata, termasuk restoran, hotel, dan homestay untuk memberlakukan protokol kesehatan kepada seluruh tamunya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Protokol kesehatan ini meliputi penggunaan hand sanitizer dan juga thermo gun untuk mendeteksi tamu yang terjangkit virus Covid-19 ini,” ujar Sugeng.

Jika diketemukan ada tamu yang memiliki ciri terjangkit virus Corona seperti batuk dan suhu tubuh di atas 37 derajat Celcius, pengelola obyek wisata maupun pelaku jasa usaha wisata lainnya agar segera menghubungi hotline Covid-19 di nomor pesawat 112 atau 08113373119.

“Kalau ada temuan tamu atau warga yang mendadak sakit dan dicurigai terjangkit Covid-19 harap segera menghubungi call center tersebut. Atau langsung menghubungi petugas kesehatan di tingkatan Puskesmas,” terangnya.

Selain itu Sugeng berharap agar penutupan sementara objek wisata ini tidak menimbulkan kepanikan di kalangan pelaku usaha wisata.

“Penutupan obyek wisata ini kami harapkan dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Karena bagaimanapun obyek wisata merupakan tempat interaksi masyarakat yang berisiko tinggi terhadap penyebaran virus tersebut,” kata Sugeng. (tm/eem)


Bagikan Artikel