Lain-lain

Hasan Aminuddin: Biaya Haji Tidak Naik


JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dan Kementerian Agama telah menyepakati Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020. Angkanya tak mengalami mengalami kenaikan dari tahun lalu. Yakni sebesar Rp 35.235.602.

Ketua DPP Partai NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat H. Hasan Aminuddin mengatakan, kesepakatan tersebut telah disahkan pada Kamis (30/1) siang. Menurutnya, nilai BPIH 2020 sama persis dengan BPIH 2019.

“Partai NasDem berharap pelayanan dalam penyelenggaraan haji tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Jangan karena nominalnya sama kemudian pelayanan dikorbankan. Itu tidak akan terjadi,” ujar suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini.

Hasan mengungkapkan sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dalam penyelenggaraan haji tahun ini. Terutama dalam hal pelayanan terhadap jamaah haji. Misalnya ketersediaan kamar mandi dan toilet ketika jamaah berada di Arafah, konsumsi yang layak, serta akomodasi dan transportasi. Menurutnya, peningkatan pelayanan harus meliputi hal-hal tersebut.

Dari informasi yang diterima Hasan, pada tahun 2019 lalu, jumlah makan di Mekkah per jamaah sebanyak 40 kali. Namun pada tahun ini akan ditingkatkan menjadi 50 kali. Pemerintah juga setuju memberikan pelayanan konsumsi yang sesuai dengan citarasa Nusantara sesuai asal jamaah. “Jadi, para jamaah haji akan mendapat konsumsi selayaknya yang mereka rasakan setiap hari di Indonesia,” ungkap Hasan.

Ia mengapresiasi pemerintah melalui Kementerian Agama yang telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik kepada jamaah. Ia berharap pelayanan tersebut terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

“Tahun ini jamaah yang akan berangkat sebanyak 231.000 orang. Jamaah haji reguler sebanyak 212.500 orang, jamaah haji khusus 18.480 orang. Kami berharap semuanya menjalani ibadah dengan lancar dan menjadi haji mabrur,” harap Hasan. (eem)


Bagikan Artikel