Lain-lain

Pemkab Probolinggo Pertahankan Predikat BB Penghargaan Sakip


BALI – Pemerintah Kabupaten Probolinggo kembali menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI. Untuk pencapaian kinerja tahun 2019, Pemkab Probolinggo memperoleh predikat BB dengan nilai 71,50. Nilai tersebut naik 1,38 poin dari pencapaian kinerja tahun 2018 sebesar 70,12.

Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, didampingi Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Muhammad Yusuf Ateh. Yakni dalam acara SAKIP Award 2019 yang dilaksanakan di Hall Inaya Putri Bali, Senin (27/1/2020).

Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Probolinggo didampingi Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Abdul Halim, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Santiyono, dan Kepala Bagian Organisasi Anna Maria Dwi Susiandari.

Dalam sambutannya, Muhammad Yusuf Ateh mengatakan, dengan SAKIP, seluruh anggaran bisa dipergunakan untuk kegiatan yang sesuai dengan target dan sasaran. Khususnya dalam rangka efisiensi dan efektifitas penggunaan anggaran serta pertanggungjawaban atas hasil atau outcome yang berorientasi pada hasil (result oriented government).

“Harus diakui bahwa penerapan SAKIP terbukti dapat mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran di lingkungan pemerintah serta menyusun tujuan dan sasaran jelas serta berorientasi pada hasil,” katanya.

Lebih lanjut, Ateh menyampaikan bahwa setiap pemerintah daerah harus merumuskan ukuran keberhasilan yang jelas dan terukur serta menetapkan program kegiatan berkaitan dengan pencapaian sasaran yang akan dicapai.

“Pemkab dengan predikat BB seperti kabupaten Probolinggo salah satunya, kami nilai telah mampu melaksanakan rincian atas kegiatan sesuai dengan kegiatan, serta membangun sistem pengukuran kinerja individu dan kinerja organisasi sebagai dasar pemberian tunjangan kinerja daerah. Itu salah satu contoh indikatornya,” katanya.

Untuk itu, Ateh berharap kepada Kabupaten Probolinggo dan seluruh pemerintah daerah lainnya agar bisa mengikuti jejak Pemerintah Daerah Istimewa Yogjakarta sebagai satu-satunya pemerintah daerah di Indonesia yang telah meraih nilai AA. Di Jawa Timur hanya ada 5 daerah dengan predikat A. Yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Situbondo.

“Silahkan bisa menimba ilmu ke daerah yang meraih Salip dengan predikat AA seperti DIY Yogjakarta. Sehingga implementasi SAKIP mereka bisa ditiru oleh semua Pemda di Indonesia,” katanya.

Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko, mengaku bersyukur dan memberikan apresiasi atas kenaikan nilai SAKIP Pemkab Probolinggo. Ia berharap agar prestasi ini bisa lebih ditingkatkan agar ke depan ada kenaikan predikat SAKIP menjadi kategori A pada evaluasi SAKIP tahun berikutnya.

“Semoga capaian ini dapat semakin memacu semangat seluruh OPD meningkatkan kinerjanya dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya. (tm/eem)


Bagikan Artikel