Lain-lain

Hasan Aminuddin Imbau Pemuda Makmurkan Masjid


KRAKSAAN – Eksistensi pemuda yang aktif di organisasi Nahdlatul Ulama (NU) mendapat perhatian dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin. Ia mendorong para pemuda untuk tidak hanya aktif di tempat belajar dan organisasinya. Namun juga aktif di masjid.

Hasan mengatakan, ia selalu mendorong pemuda untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Pemuda memiliki tenaga yang besar untuk melakukan banyak hal. Oleh karenanya, kaum yang lebih tua, harus bisa mengarahkan pemuda untuk melakukan hal positif. Sehingga tenaga besar tersebut tercurahkan untuk melakukan hal positif pula.

“Dewasa ini ada istilah multitasking. Yaitu kemampuan untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam suatu waktu tertentu. Yang paling bisa multitasking adalah pemuda,” terang Hasan saat memberikan sambutan pada acara haul para masyayikh Nahdlatul Ulama di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Kraksaan di Jalan Gus Dur, Kelurahan Sidomukti, Kota Kraksaan, Jumat (20/12) malam.

Kaum muda memiliki banyak potensi yang bisa dimaksimalkan untuk membangun kemandirian dan meraih karir yang baik.

“Jika hal itu ditata dengan baik, maka akan sangat banyak hal bisa diraih. Namun jangan lupa untuk meramaikan masjid,” kata Ketua DPP Partai NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat ini.

Menurut Hasan, ada kecenderungan di mana pemuda enggan meramaikan masjid. Sebab ada pandangan umum bahwa yang bertugas di masjid adalah kalangan yang lebih tua.

“Padahal sebaliknya, seharusnya yang muda-muda inilah yang harus lebih aktif di masjid. Sebab tenaga mereka lebih besar,” terang suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini.

Ia lantas membeber program yang digagasnya bersama Pemkab Probolinggo sejak tahun lalu. Yakni program berjamaah Subuh di masjid.

“Jadi, takmir masjid besar di kecamatan, dibantu oleh Pemkab yang menyediakan konsumsi untuk para jamaah yang Subuhnya di masjid. Alhamdulillah sudah banyak hasilnya. Sudah mulai banyak yang ikut berjamaah,” kata Hasan.

Oleh karenanya, ia meminta Pemkab untuk menambah jumlah konsumsi yang disediakan.

“Targetnya, jumlah jamaah yang datang semakin banyak karena konsumsi yang juga banyak,” terangnya.

Dalam program tersebut, keberadaan pemuda di masjid dinilai bisa menaikkan jumlah jamaah yang hadir.

“Pemuda ini bisa menggerakkan. Jadi, sudah semestinya jika pemuda ada di depan untuk memakmurkan masjid,” tegas Hasan. (awi/eem)


Bagikan Artikel