Lain-lain

Tim Gabungan Fokus Pulihkan Jalan


TIRIS –  Pemerintah Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris terus berupaya membuat akses jalan yang terdampak bencana banjir dan longsor agar bisa ditembus kendaraan roda empat. Sebab, sembilan hari pasca bencana yang terjadi Senin (10/12) lalu, akses ke lokasi terparah bencana masih hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Pemerintah Desa Andungbiru dibantu jajaran TNI, BPBD, warga dan para relawan sampai kemarin tetap mengutamakan perbaikan jalan. Terutama akses jalan menuju Dusun Lawang Kedaton yang dikenal dengan kawasan kebun tehnya.

Menurut Kades Andungbiru Essam (50), jika akses sudah bisa dilalui kendaraan roda empat, problem-problem penangananan pasca bencana bakal lebih cepat tertangani. Sedangkan sampai kemarin (19/12), akses jalan itu masih hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Untuk pemulihan akses jalan itu, Kades Essam mengaku sangat terbantu dengan adanya 2 buah ekskavator yang dikerahkan oleh Pemkab Probolinggo. “Jadi warga Dusun Lawang Kedaton tidak perlu khawatir lagi. Beberapa hari lagi jalan sudah bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat,” ujarnya.

Sedangkan Mayor Arh Ciptadi dari Kodim 0820 Probolinggo mengatakan, pihaknya sudah mela

Warga, aparat, dan para relawan bahu membahu membangun jembatan sementara menuju Dusun Lawang Kedaton agar bisa dilalui warga. (Beny Dwi/Koran Pantura)

kukan penanganan penuh dan membantu agar jalan menuju Dusun Lawang Kedaton segera pulih. Menurutnya, proses pemulihan akses jalan selama ini terkendala cuaca. Hujan membuat pekerjaannya terganggu. “Cuaca tidak mendukung. Jelas memperlambat proses pengerjaan jalan. Selain itu, hujan membuat jalan jadi lembek lagi,” katanya.

Mayor Ciptadi membenarkan jika pemulihan akses jalan menjadi prioritas. Sebab, jika jalan pulih, akan mempercepat pemulihan sarana prasarana masyarakat.  “Selain ada penghubung lain berupa jembatan bambu, tetapi akan menjadi baik bila kita juga dukung dengan jalan tembus lainnya yang bisa dilalui dengan roda empat,” katanya.

Sementara, Camat Tiris Roby Siswanto mengatakan, selain membantu korban bencana, pihaknya juga akan memperhatikan infrastruktur di sana. Pihaknya akan melakukan upaya pemulihan di berbagai sektor. Mulai dari sektor pertanian, perdagangan, maupun pariwisata. “Dengan cara itu perekonomian masyarakat yang terdampak bencana akan kembali pulih,” katanya. (ben/iwy)


Bagikan Artikel