Lain-lain

Lapisan Pasir Bromo Tersisa 8 Meter dari Magma

 SUKAPURA – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan membatasi kendaraan jeep di kawasan wisata Gunung Bromo. Salah satu alasannya karena lapisan laut pasir Gunung Bromo terus terkikis. Bahkan, lapisan laut pasir dan magma tinggal 8 meter.

Hal itu terungkap saat perwakilan dari TNBTS menghadiri Forum Group Discusion (FGD) yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Senin (21/10) di Taman Wilwatikta Pandaan.

Kasi Wilayah II Trisula pada TNBTS Tata Sudharta mengatakan, kawasan TNBTS saat ini sudah dilakukan pemilahan, seperti kawasan konservasi, hingga kawasan pemanfaatan.

Di zona pemanfaatan sendiri diterapkan sebagaimana yang dikunjungi wisatawan saat ini. Seperti halnya penanjakan, kawasan Bromo, Pasir berbisik hingga kawasan bukit teletubies. “Awalnya kita hanya menyediakan tak kurang dari 800 hektar, tapi kita tambahkan kawasan pemanfaatan ini hingga 1.400 hektar lebih,” jelas Tatag.

Tata mengatakan, dari kawasan pemanfaatan ini pula menjadi perhatiannya saat ini. Salah satunya yakni soal ukuran lapisan laut pasir yang saban tahun mengalami pengurangan ketebalannya.

Bahkan, terakhir tercatat hanya tinggal 8 meter dari magma di bawahnya. “Maka dari itu, kita akan membatasi kendaraan jeep atau kendaraan wisatawan yang masuk kawasan pemanfaatan. Kita batasi maksimal 1.800 unit kendaraan,” jelasnya.

Untuk menghindari pengikisan di kawasan lainnya, ia pun meminta spot yang biasa dikunjungi tidak berpindah-pindah, seperti halnya parkir jeep di kawasan kawah Gunung Bromo. Sehingga dengan demikian, diharapkan kawasan yang lain masih tetap asri. (rul/awi)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan