Lain-lain

Ribuan Santri Zaha Shalat Minta Hujan


PAJARAKAN – Kemarau panjang di Kabupaten Probolinggo membuat sejumlah daerah krisis air bersih. Sehingga droping air bersih harus dilakukan setiap  hari oleh Pemkab Probolinggo, juga dibantu sejumlah instansi lain. Atas kondisi ini, ribuan santri Ponpes Zainul Hasan (Zaha) Genggong Pajarakan kemarin (15/10) menggelar shalat minta hujan (istisqa).

Sekitar pukul 05.00 WIB, ribuan santri Zaha mulai berkumpul di lapangan P5. Sebelum itu, mereka memulainya dengan shalat duha berjamaah lebih dulu. Sholat itu dipimpin oleh Ketua Yayasan Ponpes Zaha Genggong KH Mohammad Hasan Mutawakkil Alallah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan shalat istisqa, yang dipimpin oleh KH Moh. Hasan Nauval. Sedangkan yang bertindak sebagai khotib adalah Nun Hassan Ahsan Malik. Pelaksanaan sholat di tempat terbuka itu berlangsung sukses. Meski hanya beralaskan sajadah di tanah lapang, para santri nampak khidmat mengikuti sholat tersebut.

Usai pembacaan khutbah, salah satu oengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, Nun Hassan Ahsan Malik mengucapkan, sholat itu merupakan cara untuk meminta kepada Allah agar diturunkan hujan. “Karena dalam beberapa bulan ini, wilayah Kabupaten Probolinggo dan seluruh Indonesia khususnya di lingkungan pesantren mengalami kekeringan,” katanya.

Pria yang akrab disapa Gus Alex itu mengatakan, shalat istisqa merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh “kaum sarungan” dalam membantu mengurangi kekeringan musim kemarau kali ini. “Mari kita bersama-sama tuk memohon kepada Allah, agar Allah menurunkan hujan, tentunya ini kebutuhan kita bersama dan juga berharap kemarau yang berkepanjangan kali ini bisa cepat,” ujarnya.

Ia menambahkan, dampak dari kekeringan yang melanda sejumlah daerag saat ini, tidak hanya kurangnya pasokan air saja. Namun dampak signifikan, seperti kebakaran hutan juga kerap terjadi. “Semoga apa yang kita inginkan semua, terkabul. Dan hujan yang turun nanti merupakan hujan berkah,” harapnya. (yek/iwy)

Ribuan santri Ponpes Zainul Hasan (Zaha) Genggong Pajarakan kemarin (15/10) menggelar shalat minta hujan (istisqa). (Abdul Jalil/Koran Pantura)


Bagikan Artikel