Lain-lain

Tol Pasuruan-Probolinggo Gratis 2 Minggu

PROBOLINGGO – Sebelum diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) bakal diuji-cobakan. Selama uji coba itu, Tol Paspro bisa dimanfaatkan secara gratis selama 2 pekan. Terhitung mulai 21 Desember 2018 sampai 2 Januari 2019.

Hal tersebut diungkapkan PPK Kementerian PUPR Agus Minarno saat mengadakan rapat koordinasi dampak infrastruktur pembangunan jalan Tol Paspro di rumah dinas Wakil Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko, Kamis (13/12). Rapat itu dihadiri oleh sejumlah stakeholder Pemkab Probolinggo.

Dalam forum itu Agus Minarno menyampaikan bahwa Tol Paspro sudah siap difungsikan dalam waktu dekat ini. “Sebelum diresmikan secara langsung oleh bapak Presiden Jokowi, selama 2 pekan tol Paspro ini akan kami gratiskan untuk diujicoba oleh masyarakat umum. Syaratnya, kendaraan yang melintas adalah kendaraan kecil, bukan kendaraan angkutan berat,” ungkapnya.

Beberapa pekerja proyek berdiskusi tentang pembukaan Tol Paspro untuk uji coba. (Tunjung Mulyono/Koran Pantura)

Menurutnya, Tol Paspro memiliki panjang 31,3 km yang terbagi dalam 3 seksi. Seksi I meliputi Grati – Tongas sepanjang 13,5 km. Seksi II meliputi Tongas – Sumberasih sepanjang 6,9 km. Dan seksi III meliputi Sumberasih – Leces sepanjang 10,9 km.

Untuk Tol Paspro kebutuhan lahannya sekitar 2,7 juta meter persegi yang terdiri atas 3.034 bidang. Waktu pengerjaan atau pelaksanaan proyek itu selama 900 hari kalender dengan waktu pemeliharaan selama 1.095 hari kalender.

“Target operasional efektif kami dimulai diawal tahun 2019 mendatang. Dan dealine pengerjaan tol paspro ini sudah sesuai dengan target kami pada akhir Desember ini. Sehingga, sebelum beroperasi secara penuh, akan kami uji coba terlebih dahulu, sebelum nantinya diresmikan oleh Presiden Jokowi,” paparnya.

Soal kapan diresmikan oleh Presiden, Agus masih belum dapat memastikannya.  Namun demikian dia menyebut dalam waktu dekat jalan tol pertama di Kabupaten Probolinggo ini akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.  “Dalam waktu dekat ini pasti diresmikan. Kita tunggu saja info selanjutnya,” katanya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan