Lain-lain

Puncak Peringatan Kemerdekaan di Kali Pedati


PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten Probolinggo punya cara unik untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI pada Sabtu (17/8) mendatang. Pemkab menggandeng Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Probolinggo untuk melakukan pengibaran bendera merah putih raksasa di tebing andesit Kali Pedati di Desa Kalianan, Krucil.

Ketua pelaksana pengibaran bendera di tebing Kali Pedati Oka Hadi mengatakan, bendera merah putih akan dikibarkan pada tebing dengan ketinggian 75 meter. Kegiatan itu bertujuan menyemarakkan puncak peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Ini juga berarti membangun semangat dan rasa cinta tanah air di kalangan pegiat olahraga panjat tebing di Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini akan kami jadikan tonggak penanda semangat para atlet panjat tebing Kabupaten Probolinggo untuk mengharumkan nama daerah, melaui prestasi cabang olahraga panjat tebing kedepannya,” kata Oka yang juga menjabat sebagai sekretaris di Pengcab Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) Kabupaten Probolinggo, saat ditemui Minggu (11/8) lalu.

Oka mengatakan, pengibaran merah putih di Kali Pedati juga bertujuan mengenalkan olahraga panjat tebing lewat aksi heroik. Tujuan lainnya ialah untuk mengenalkan Kali Pedati sebagai salah satu destinasi wisata olahraga sekaligus rekreasi bagi penghobi panjat tebing maupun masyarakat umum.

“Di Kalipedati banyak tebing yang indah dan menantang. Di sekitarnya juga ada air terjun yang tak kalah indah. Ini anugerah alam yang harus dikelola dengan baik. Jangan sampai disia-siakan,” tegasnya.

Lebih lanjut Oka menyebutkan, sebelum puncak pelaksanaan pengibaran bendera merah putih, Sabtu (17/8) mendatang, pihaknya akan terlebih dahulu menggelar serangkaian kegiatan rekreatif, gratis dan terbuka untuk umum selama dua hari. Kegiatan itu akan digelar mulai Kamis-Jum’at (15-16/8) di lokasi sekitar tebing andesit dekat dengan spot air terjun Kali Pedati.

“Kami harap kegiatan ini mampu mengedukasi masyarakat tentang olahraga panjat tebing dan manfaat potensi pengembangannya bagi masyarakat lokal. Semoga kegiatan ini berjalan sukses, aman dan lancar tanpa kendala berarti,” tandasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel