Lain-lain

DPR RI Pantau Haji Langsung di Arab Saudi


KRAKSAAN – Penyelenggaraan ibadah Haji tahun ini mendapat perhatian khusus dari DPR RI. Khususnya Komisi VIII yang salah satu tugasnya berkaitan dengan urusan haji. Tak hanya mengawal proses pemberangkatan jamaah haji, DPR juga melakukan pemantauan langsung di Arab Saudi.

Anggota Komisi VIII DPR RI H. Hasan Aminuddin mengungkapkan, ada sejumlah koleganya di DPR RI yang akan berangkat Arab Saudi pada Rabu (31/7) mendatang. “Rabu malam dijadwalkan sudah tiba di Madinah, lalu Jumat kami sudah ada di Mekkah,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara tasyakuran haji di Pondok HATI Desa Rangkang, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (28/7).

Menurutnya, ada lebih dari 10 orang anggota DPR RI yang akan bergabung dalam rombongan. Para wakil rakyat itu berstatus sebagai pengawas penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019. “Yang berangkat bukan hanya anggota Komisi VIII. Ada juga dari Komisi V yang akan memantau perihal transportasi jamaah haji dari Indonesia. Pemantauan ini memang ranah Komisi V,” kata politisi Partai NasDem ini.

“Ada juga anggota Komisi IX yang akan berangkat bersama rombongan. Komisi IX akan memantau kondisi kesehatan para jamaah haji asal Indonesia,” imbuhnya.

Mantan Bupati Probolinggo 2 periode ini menerangkan, rombongan DPR RI akan berada di Arab Saudi selama 15 hari. Yakni dari 31 Juli hingga pertengahan Agustus mendatang. Selama belasan hari itu, mereka akan melakukan pemantauan langsung situasi penyelenggaraan ibadah haji serta kondisi para jamaah.

“DPR RI selama ini terus mendorong Pemerintah RI untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan sistem, tata kelola, serta layanan ibadah haji. Nah, penyelenggaraan oleh pemerintah ini terus dipantau dari tahun ke tahun,” ungkap Hasan.

Menurutnya, ada saja kekurangan yang ditemukan dalam penyelenggaraan ibadah haji pada tahun-tahun sebelumnya. Hal itu kemudian disampaikan oleh DPR RI sebagai bahan evaluasi ketika bertemu dengan Kementerian Agama (Kemenag) RI. “Kami sampaikan kekurangan yang kami temukan agar diperbaiki pada penyelenggaraan haji tahun berikutnya,” kata Hasan.

Beberapa hal yang telah dievaluasi pada tahun-tahun sebelumnya di antaranya adalah urusan toilet, konsumsi, hingga urusan transportasi. “Insya Allah semakin membaik dan akan memudahkan para jamaah haji dalam menunaikan ibadahnya. Tapi untuk memastikan itu, kami dari DPR RI akan memantau lagi proses penyelenggaraan haji tahun ini,” terang suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini. (awi/eem)


Bagikan Artikel