Lain-lain

890 Jamaah Berangkat Haji

GENDING – Sebanyak 890 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Probolinggo berangkat menuju Embarkasi Haji Sukolilo Surabaya, Rabu (10/7). Pelepasan JCH itu dilakukan di kawasan wisata Miniatur Kakbah di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending.

Para JCH itu memadati lokasi pemberangkatan dengan diantar oleh rombongan yang mengarak mereka dari rumah masing-masing. Tak sedikit para jamaah yang berswafoto bersama keluarganya sebelum berangkat. Namun, ketika bus rombongan JCH itu mulai meninggalkan lokasi, isak tangis sebagian jamaah dan keluarga pun bercucuran.

Tahun ini, ratusan JCH yang diberangkatkan terbagi dalam 3 kelompok terbang (Kloter), masing-masing kloter dalam 13, 14, dan 82. Kloter 13 dan 14 masing-masing berisi 445 CJH, sedangkan Kloter 82 hanya berisi 15 CJH. Kloter 82 ini rencananya baru akan berangkat pada 30 Juli, dan dilepas di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

“Tahun ini ada 905 jamaah asal Kabupaten Probolinggo yang berangkat ke tanah suci, namun untuk hari ini hanya dua kloter yang berangkat, yakni kloter 13 dan 14,” kata Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari seusai melepas jamaah.

Selain 890 JCH, terdapat 10 tenaga Tim Pendamping Ibadah Haji (TPIH) yang tergabung dalam 20 bus. Mereka diperkirakan sampai ke Embarkasi Haji Sukolilo, sekitar dua jam usai diberangkatkan. “Selamat jalan untuk para jamaah, semoga menjadi haji mabrur,” harap Bupati Tantri yang didampingi oleh suaminya, H. Hasan Aminuddin.

Kepada para keluarga yang mengantar, Bupati Tantri meminta mereka untuk terus mendoakan para jamaah. “Semoga para jamaah diberikan keselamatan dan kesehatan dalam menunaikan ibadahnya di Mekkah. Semoga selama sampai tujuan, dan pulang dengan haji yang mabrur,” ungkap Bupati Tantri. (yek/adv)

Anggota Komisi VIII DPR RI H. Hasan Aminuddin melepas 20 bus yang membawa 890 JCH Kabupaten Probolinggo menuju Embarkasi Haji Sukolilo, Rabu (10/7). (Kominfo Kabupaten Probolinggo for Koran Pantura)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan