Lain-lain

ISSI Kembali Sumbang Medali

TUBAN – Atlet Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kabupaten Probolinggo Aisyah Putri Aprilia (14) kembali menjadi atlet penyumbang medali bagi daerahnya di ajang Porprov VI 2019. Bertanding di nomor Women Individual Road Race, gadis asal Desa Tamansari, Kecamatan Dringu ini berhasil menjadi pembalap tercepat ketiga yang menyentuh garis finish. Aisyah pun menyumbangkan medali perunggu.

Remaja 14 tahun ini bertanding di rute sepanjang 53,4 kilometer melintasi jalur jalan raya Tuwiri Kulon – Kerek – Pongpongan Montong – Merakurak – Tuwiri Kulon di Kabupaten Tuban. Aisyah yang selang sehari sebelumnya menjadi peraih medali perak di nomor ITT Women harus beradu cepat dengan 20 atlet dari daerah lainnya.

Berkat ketahanan fisik dan strategi yang diinstruksikan oleh pelatih, Aisyah yang berada pada rombongan pembalap terdepan hanya kalah tipis dari dua pembalap asal kota Malang yakni Imelda Tabita dan Miftahur Haselli. Saking tipisnya catatan waktu ketiga atlet pembalap ini, ketika menyentuh garis finish sama identitik yakni 1:34:53

Aisyah Putri Aprilia (paling kanan) menerima medali perunggu di cabor balap sepeda Women Individual Road Race. (Tunjung Mulyono/Koran Pantura)

“Sebenarnya Aisyah bisa memimpin dan meraih emas, namun terhalang oleh rombongan dua atlet ini. Itu wajar barangkali bagian dari strategi yang diterapkan oleh tim kota Malang,” ungkap official tim ISSI Kabupaten Probolinggo Ahmad Suparman, Selasa (9/7) malam.

Meski demikian, Ahmad mengaku cukup puas dengan raihan yang diperoleh oleh Aisyah. Mengingat stamina Aisyah yang sudah tak 100 persen lagi pasca bertanding sehari sebelumnya di jalur yang cukup menanjak di rute Merak Urak.

“Kami bangga atas apa yang diraih oleh Aisyah, karena di usianya yang baru 14 tahun, dia sudah mampu bersaing dengan para atlet yang usianya berada di atasnya,” terang Ahmad.

Dengan sumbangan 1 medali perunggu dari balap sepeda, Kontingen Kabupaten Probolinggo hingga hari ketiga gelaran Porprov Jatim berada di posisi ke-29. Probolinggo melorot 6 posisi dari klasemen sebelumnya di posisi 23 dari 38 kabupaten/kota peserta Porprov VI Jawa Timur 2019. (tm/awi)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan