Lain-lain

102 CJH Jember Latihan di Miniatur Kakbah Bentar


GENDING – Sebanyak 102 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, berkunjung ke Kabupaten Probolinggo, Minggu (30/6) siang. Mereka melakukan latihan manasik haji di obyek wisata religi miniatur Kakbah di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending.

Rombongan yang naik 2 armada bus itu dipimpin oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Puger H. Abdul Mujib. Mereka memulai latihan manasik selepas shalat Duhur. Kehadiran mereka di miniatur Kakbah rupanya diketahui oleh sejumlah pedagang oleh-oleh haji dari Kecamatan Mojosari, Kabupaten Jombang. Para pedagang itu pun menjajakan barang dagangannya di area miniatur Kakbah.

Kepala KUA Kecamatan Puger H. Abdul Mujib mengatakan, sudah 2 kali melaksanakan latihan manasik haji di miniatur Kakbah. Kunjungan pertama dilakukan pada tahun 2018, di mana waktu itu ia mengajak 79 CJH dengan naik 1 armada bus. Sementara pada tahun ini, sebanyak 102 orang diajak dengan menggunakan 2 armada bus.

“Pada tahun ini pesertanya semakin banyak. Alhamdulillah untuk bisa menggunakan miniatur Kakbah ini kami tidak harus izin tertulis. Cukup via telpon saja. Kami betul-betul diberikan kemudahan secara administrasi,” katanya.

Mujib mengungkapkan, seluruh CJH yang ia ajak, memberikan kesan positif. Baik dari segi pelayanan maupun fasilitas yang tersedia di miniatur Kakbah. Selain itu, waktunya juga tidak dibatasi sehingga bisa melaksanakan latihan manasik haji sepuas-puasnya.

“Insya Allah ke depan kami akan melakukan hal yang sama. Semoga apa yang kami lakukan di sini diikuti oleh KUA lain di Jember. Tentu hal ini sejalan dengan semangat Pemkab Probolinggo yang membangun Miniatur Ka’bah ini untuk kemaslahatan umat, terutama jamaah haji,” ungkapnya.

Ia mengatakan, selain di Kabupaten Probolinggo, di Jawa Timur juga ada miniatur Kakbah di Pasuruan dan Mojokerto. Namun fasilitas dan sarana prasarananya masih belum lengkap.

“Tidak selengkap dan sebesar ini. Kami tertarik datang ke sini karena memang hampir mirip dengan yang ada di Mekah. Oleh karena itu ke depan kami akan berupaya untuk melakukan latihan manasik haji di sini,” tegasnya.

Tak lupa, ia berterima kasih kepada Anggota Komisi VIII DPR RI H. Hasan Aminuddin yang membangun miniatur Kakbah ketika menjabat Bupati Probolinggo. Ia juga berterima kasih kepada Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari yang telah memberikan kesempatan baginya untuk melakukan manasik haji.

“Miniatur Ka’bah ini merupakan inovasi dari Bapak Hasan Aminuddin. Bukan hanya untuk warga Kabupaten Probolinggo. Buktinya kami ikut menikmati inovasi beliau. Terima kasih telah membangun Miniatur Ka’bah sedemikian rupa sehingga kami yang dari luar ikut menikmatinya. Ke depan mungkin fasilitasnya agar semakin dilengkapi lagi sehingga bisa lebih memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” terang Mujib. (ra/eem)


Bagikan Artikel