Lain-lain

MUI Soroti Postingan ‘Islam Bukan Agama’ di Facebook

KRAKSAAN – Belakangan ini ada sebuah akun Facebook dengan alamat Kabupaten Probolinggo yang unggahannya kerap memicu kontroversi. Akun tersebut bernama Ponco. Unggahan-unggahannya mengundang perhatian netizen dan disorot MUI Kabupaten Probolinggo. MUI menduga unggahan di linimasa akun Ponco, berkaitan dengan penistaan terhadap agama Islam.

Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo H Yasin menyampaikan, akun Ponco sudah cukup lama eksis. Di linimasanya juga terdapat banyak unggahan kontroversial.

“Itu cukup banyak mengundang perhatian netizen. Bahkan sempat memicu konflik dan perang argumentasi antar netizen. Ini sangat meresahkan dan sudah masuk dalam penistaan agama,” terangnya saat menemui Koran Pantura di kantor MUI, kemarin (24/6).

Salah satu postingannya adalah tentang Islam bukan Agama. Menurut Yasin, ungkapan itu dapat memengaruhi pemahaman netizen yang awam. Seharusnya, pernyataan dan pemahaman yang demikian cukup dikonsumsi pribadi. “Masih banyak unggahan lain yang lebih berguna untuk diunggah,” terangnya.

Pihaknya telah menggelar rapat dengan Komisi Fatwa MUI terkait hal tersebut. “Selanjutnya, MUI akan membawa laporan hasil rapat Komisi Fatwa itu ke Bakorpakem (Badan Koordinasi Pengawasan Aliran dan Kepercayaan) Kabupaten Probolinggo,” kata Yasin.

KH Jamaluddin, salah seorang anggota Komisi Fatwa MUI Kabupaten Probolinggo menyampaikan, Ponco diketahui merupakan salah satu nama padepokan yang memiliki sekitar 47 pengikut. “Kami masih belum tahu pasti. Akan kami tindaklanjuti untuk laporan itu,” terangnya. (yek/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan