Lain-lain

Lantai 2 Pasar Semampir Ditempati Seorang Pedagang


KRAKSAAN – Pasar Semampir yang merupakan pasar terbesar di Kota Kraksaan kerapkali menjadi preferensi berbelanja segala kebutuhan. Maka tak heran jika selalu ramai dari pembeli dan pedagang yang berjualan sampai menempati pinggiran jalan di pasar tersebut.

Namun demikian, lantai 2 di pasar tersebut belum juga bisa berfungsi dengan baik. Saat ini lantai atas hanya diisi oleh Aminuddin warga Desa Jatiurip, Kecamatan Krejengan. Lelaki yang berjualan nasi dan kopi tersebut mengaku sudah 3 bulan bersama istrinya menempati lapaknya.

“Tidak ada yang mau berjualan di sini (lantai 2 pasar Semampir, red), hanya saya dan lapak-lapak (kosong, red) saja. Kalau sebelum di sini, awalnya saya berjualan di bawah, di pinggir jalan. Namun karena peraturannya tidak boleh, makanya saya pindah ke sini,” katanya, Minggu (16/6).

Menurutnya, faktor utama para pedagang enggan menempati lantai dua pasar tersebut karena para pedagang akan lebih mudah mendapatkan pelanggan jika berjualan di lantai dasar. Meskipun beberapa waktu yang lalu Satpol PP Kota Kraksaan sudah menertibkan para pedagang yang berjualan di pinggir jalan yang seringkali menjadi penyebab utama kemacetan, lantai dua di pasar tersebut sampai saat ini tak kunjung ditempati.

“Pengunjung kan biasanya malas untuk naik ke lantai dua, mungkin karena melelahkan naik tangga, apalagi jika di lantai dasar barang yang dicarinya sudah ada. Cuma karena peraturannya tidak boleh di bawah, makanya saya pindah ke atas meskipun sendirian,” akunya.

Namun, ia juga menyampaikan bahwa membuka lapak untuk berjualan di bawah masih diperbolehkan pada waktu tertentu. Dan beberapa pedagang memilih mengganti jam berjualannya asal bisa membuka lapak di bawah daripada harus pindah ke atas.

“Yang tidak boleh kalau di bawah itu asal jangan dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore. Kalau selain itu boleh berjualan di sana. Kalau saya mending pindah sudah agar pelanggan yang biasa beli tidak hilang, daripada harus mengganti jam masar dan mencari pelanggan yang baru,” katanya. (ay/ra)


Bagikan Artikel