Lain-lain

Penasaran, Warga Ngabuburit ke Klenteng Paska Kebakaran

PROBOLINGGO – Paska terbakar pada Sabtu (18/5) dini hari, Klenteng Tri Dharma Sumber Naga Kota Probolinggo, menjadi tontonan warga. Pada Sabtu (18/5) sore, sejumlah warga datang untuk mengetahui kondisi terkini klenteng tersebut. Sekaligus ngabuburit menunggu datangnya waktu berbuka puasa.
Puluhan warga itu terdiri dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Mereka berkerumun di depan pintu gerbang klenteng karena tidak bisa mendekat ke puing-puing bangunan yang terbakar. Sebab Polres Probolinggo Kota memasang garis polisi di sekitar lokasi kebakaran.
Mereka hanya bisa menyaksikan atau melihat dari luar garis polisi. Sebagian dari mereka juga ada yang mengambil foto puing-puing bangunan dan barang-barang yang berserakan. Mereka tak menyia-nyakan momen yang jarang terjadi itu.
Wasis (45), seorang warga Kelurahan/Kecamatan Kanigaran mengajak anak dan istrinya untuk melihat dari dekat kondisi klenteng paska kebakaran. Saat terjadi kebakaran, ia tertidur pulas sehingga tidak mengetahui kalau klenteng yang usianya lebih dari 150 tahun itu terbakar.
Ia mengaku mendengar klenteng terbakar saat bangun tidur dan hendak makan sahur. Hanya saja, Wasis baru sempat melihat klenteng pada sore harinya. Mengingat, pagi sampai siang, ia sibuk bekerja. “Ya akhirnya ke sini sore hari. Sekalian menunggu adzan Maghrib untuk berbuka puasa,” ungkapnya. (gus/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan