Lain-lain

Anggota PPS Ganting Wetan Probolinggo Meninggal Dunia

KRAKSAAN – Ada lagi penyelenggara Pemilu 2019 di Kabupaten Probolinggo yang meninggal dunia. Penyelenggara dimaksud adalah Lilan Suwandi (46) anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) asal Dusun Kebonan RT/RW 003/001 Desa Ganting Wetan, Kecamatan Maron. Lilan meninggal dunia ketika dirawat di ICU RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Sabtu (27/4) sekitar pukul 20.45.

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo Aliwafa mengatakan, Lilan mulai menjalani perawatan sejak Sabtu siang.

“Oleh keluarga, almarhum (Lilan Suwandi) langsung dirujuk ke RSUD Waluyo Jati. Oleh dokter, disarankan untuk dirawat di ICU,” terangnya.

Namun, takdir Lilan yang merupakan perangkat Desa Ganting Wetan telah ditentukan. Ia meninggal setelah dirawat tak sampai 12 jam di rumah sakit yang ada di Kelurahan Kandangjati Kulon tersebut.

“Sekitar 10 menit lalu, pihak rumah sakit telah mengeluarkan pernyataan bahwa yang bersangkutan telah meninggal dunia,” ungkap Aliwafa kepada Koran Pantura, Sabtu petang sekitar pukul 20.55.

Berdasar keterangan dari pihak keluarga, Aliwafa mengatakan bahwa kondisi Lilan Suwandi drop sejak beberapa hari lalu. Tepatnya setelah proses rekapitulasi suara di tingkat PPK Maron pada akhir pekan lalu.

“Setelah rekap suara di PPK, almarhum tidak langsung pulang. Beliau malah membantu PPK Maron mengirim kotak suara dari kecamatan ke KPU. Beliau juga ikut mengawal proses itu,” terangnya.

Oleh karenanya, Aliwafa mengatakan, Lilan merupakan penyelenggara yang cukup bersemangat dan berdedikasi. Ia dan jajaran penyelenggara Pemilu 2019 turut berbelasungkawa atas meninggalnya Lilan Suwandi.

Sebagai sesama penyelenggara Pemilu, Aliwafa turut prihatin. Sebab tidak sedikit penyelenggara yang jatuh sakit bahkan meninggal dunia.

“Mereka benar-benar menjalankan amanat jabatan yang mereka emban. Kami bersaksi beliau meninggal dunia dalam keadaan baik dan menjalankan tugas yang baik,” tegasnya. (ra/eem)

Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Probolinggo Aliwafa menjenguk Lilan Suwandi ketika masih dirawat di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Sabtu malam.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan