Lain-lain

Hudri: Partisipasi Pemilu 2019 Lebihi Target

PROBOLINGGO – Tingkat partisipasi masyarakat Kota Probolinggo dalam Pemilu 2019 disebut tinggi. Dibandingkan Pemilu 2014 dan Pilkada Serentak 2018, angka partisipasi lebih tinggi. Bahkan tingkat partisipasi dalam Pemilu 2019 ini melebihi target partisipasi nasional yang 79,1 persen.

Hal tersebut diungkap Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri dalam prodialog live di Protv, Jumat (19/4) malam. Hanya, meski menyebut angka partisipasi tinggi, Hudri belum bisa menyebut angka partisipasi yang presisi dalam Pemilu 2019 di Kota Probolinggo. Sebab, perhitungan suara memang belum final. 

Menurut Hudri, salah satu penyebab tingginya partisipasi pemilih di Kota Probolinggo   selain cara berfikir masyarakat semakin dewasa dalam soal politik, juga didorong keterlibatan atau peran serta parpol, termasuk caleg.

Begitu juga dengan upaya sosialisasi yang gencar dan masif oleh KPU. “Kami juga gencar menyosialisasikan pemilu. Salah satunya, juga peran aktif penyelenggara pemilu,” tandasnya.

Hudri menyatakan, KPU tidak bosan-bosan mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong menuju TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Selain berupa pertemuan atau tatap muka, juga himbauan dan ajakan berupa spanduk dan semacamnya yang dipasang di beberapa tempat atau jalur strategis.

“Rupanya yang kami lakukan, mengena. Kami juga melakukan sosialisasi berupa hiburan, mendatangkan artis di alun-alun dan kegiatan olahraga,” tambah Hudri dalam acara dialog yang sekaligus untuk mengumumkan lomba foto selfie Pemilu 2019 yang telah diselenggarakan KPU Kota Probolinggo bersama Broadcastpro dan Protv.  

Soal lomba foto selfie itu, Hudri menyebutnya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Dan Hudri menyimpulkan bahwa acara yang bersifat stimulan tersebut amat efektif dan efisien meningkatkan partisipasi pemilih.

Menurutnya, tidak sedikit masyarakat yang ikut serta dalam lomba itu secara perseorangan maupun berkelompok. Bahkan, tidak hanya diikuti oleh kalangan milenial, kaum emak-emak juga berpartisipasi mengirimkan karya foto selfinya ke panitia penyelenggara lomba.

Hudri menyatakan ada lebih dari 2 ratusan peserta yang ikut meramaikan lomba foto selfie dengan satu-satunya televisi lokal di Probolinggo ini. “Ya sekitar 2 ratusan foto yang masuk ke panitia. Emak-emak dan bapak-bapak, saya lihat juga berpartisipasi,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam dialog tersebut Hudri menyatakan terimakasih kepada masyarakat karena hari coblosan Pemilu 2019 pada 17 April lalu suasana aman dan tertib di Kota Probolinggo. Baginya, selain berkat peran petugas, suasana kondusif itu tercipta juga berkat peran serta masyarakat. “Dukungan dan kesadaran masyarakat untuk menjaga keberlansungan pemilu aman dan lancar, jangan diabaikan. Justru ini amat penting,” ujarnya. (gus/iwy/adv)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan