Lain-lain

Tol Paspro Gratis Selama Dua Pekan

LECES – Setelah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) dibuka secara gratis untuk umum. Pemberlakuan tarif gratis untuk ruas tol sepanjang 31,3 kilometer itu akan berlangsung selama 2 pekan ke depan.

Tol Paspro dibuka secara gratis sejak Kamis (11/4) pukul 10.00. Penerapan kebijakan tersebut sesuai instruksi dari Jokowi. “Selama itu kami menunggu surat keputusan operasionalnya  turun,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Paspro Agus Minarno, Kamis.

Agus memastikan pengendara yang melintas di jalan tol Paspro tidak dipungut biaya. Namun ada syaratnya, yakni pengendara wajib memggunakan kartu tol atau e-tol.

“Karena gratis, maka saldo kartu tolnya tidak akan berkurang selama digunakan untuk keluar masuk tol Paspro selama dua pekan ini. Tapi mohon pengertiannya, setelah lewat dua pekan, tarif efektif Rp 1.100 per kilometer akan berlaku,” terangnya.

Di sisi lain, tidak semua pengendara yang hendak mencoba lewat tol paspro, terakomodasi. Pasalnya, jalan tol belum dibuka setelah Jokowi meresmikannya pada Rabu (10/4) lalu hingga Kamis pagi. Sehingga pengendara yang hendak lewat jalan tol tersebut terpaksa balik kanan.

“Atas nama pemerintah, kami meminta maaf kepada masyarakat yang sudah terlanjur sampai di pintu gerbang  tol Paspro. Namun harus memutar balik karena belum diizinkan masuk,” kata Agus.

Sementara itu, Taufik (36), seorang pengguna jalan tol Paspro, mengaku senang dengan dibukanya jalan tol tersebut. Ia mengungkapkan, dengan melintasi tol Paspro, ia bisa menghemat waktu dan BBM yang ia beli untuk kendaraan lebih irit.

“Kalau sebelumnya saya menjemput penumpang ke bandara Juanda Surabaya butuh waktu sampai 3 jam. Kini butuh waktu 1,5 jam saja, biaya BBM juga lebih hemat,” kata warga Malasan Leces ini. (tm/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan