Lain-lain

Panglima TNI dan Kapolri Isi Kuliah Umum di Nurul Jadid


PAITON – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Jadid di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Selasa (2/4). Kedatangan dua pucuk pimpinan TNI-Polri itu untuk mengisi materi kuliah umum kepada ribuan santri yang dikemas dalam acara ngaji kebangsaan.

Acara tersebut berlangsung tertutup. Dalam rilis yang disebar kepada awak media, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan prediksi bahwa pada tahun 2050, Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar nomor 4 di dunia. Oleh karena itu, para santri harus mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari kemajuan bangsa Indoensia tersebut.

“Negara kesatuan Republik Indonesia adalah bangsa yang besar dan luas. Oleh karena itu para santri harus belajar dengan giat untuk meningkatkan Iptek dan Imtaqnya agar kelak menjadi generasi yang hebat secara akademik, fisik, emosi, dan spiritual,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa Ponpes merupakan samuderanya ilmu pengetahuan. Karena itu, dirinya merasa bangga hadir di tengah-tengah ribuan santri Ponpes Nurul Jadid dan memberikan materi kuliah umum tentang kebangsaan.

“Mari bersama menciptakan dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tercipta kekuatan bangsa yang seutuhnya. Karena dengan demikian ke depan kita akan menjadi bangsa yang diperhitungkan oleh negara lain,” ungkap mantan KSAU ini.

Ia juga menyinggung soal revolusi industri 4.0 yang tidak bisa terelakkan seiring perkembangan zaman. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh santri agar memanfaatkan data base, dan kemajuan teknologi lainnya agar dapat dimanfaatkan secara bijak.

“Jika tidak kita sikapi dengan bijak, akibatnya bisa fatal karena dapat membuat terjadinya kemunduran suatu bangsa yang pada akhirnya tertinggal dari bangsa lainnya. Dan ini tantangan nyata untuk bangsa Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Nurul Jadid KH. Moh. Zuhri Zaini menyatakan, kunjungan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Pol Muhammad Tito Karnavian ke Ponpesnya adalah murni untuk mengisi materi kuliah umum dalam acara ngaji kebangsaan. “Tidak ada agenda lainnya,” ujarnya singkat. (tm/eem)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan kuliah umum di Ponpes Nurul Jadid Paiton, Selasa.


Bagikan Artikel