Lain-lain

Karyawan Pantai Duta Belum Digaji

PAITON – Sejak pengelolaan Pantai Duta diambil-alih oleh BUMDes Desa Randutatah Kecamatan Paiton, urusan administrasinya masih kocar kacir. Salah satu dampaknya, para karyawan Pantai Duta belum menerima gajinya selama dua minggu ini.

Abdul Aziz, mantan pengelola Pantai Duta mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan pengelolaan Pantai Duta kepada Pemerintah Desa Randutatah. “Saya sebagai rakyat biasa, monggo saja. Asalkan anak buah saya yang kerja di pantai ini sejak dulu, tetap diperhatikan,” katanya kepada Koran Pantura, Selasa (4/12).

Namun menurutnya, sejak pengelolaan diambil alih BUMDes, urusan administrasi Pantai Duta mulai kocar kacir. Yang paling terasa adalah pembayaran gaji 17 karyawan sampai nunggak. “Saya dulu tertib bayar karyawan setiap minggu sekali Rp 250 ribu,” kata bapak satu anak itu.

Karena sekarang gaji karyawan nunggak, Abdul Aziz meminta bendahara BUMDes agar segera membayarnya. Namun, prosedurnya ribet dan malah tidak kunjung diberikan. “Keuangan juga sudah dipegang Bendahara BUMDes. Karyawan nggak digaji, tapi Karang Taruna yang hanya nongkrong di sana malah digaji,” katanya.

Selain itu, Aziz mengaku masih belum mendapat titik terang soal bagi hasil. Sejauh ini, pihaknya hanya menerima wacana tanpa bukti. “Saya dan kelompok saya yang merawat dari awal, kami ingin 30 persen untuk kami. Tapi itu masih nggak jelas bagaimana,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Randutatah Umi Kulsum menjelaskan, pihaknya tidak memberi gaji pada para karyawan karena masih dalam proses uji coba. Pemdes melalui BUMDes menurutnya baru sepekan mengambil alih pengelolaan Pantai Duta.

Sedangkan keberadaan Karang Taruna di Pantai Duta menurut Kades  Umi Kulsum adalah sebagai pengawas saja. “Anak Karang Taruna di sana hanya diberi uang rokok,” ungkapnya.

Lalu soal pengambil-alihan pengelolaan Pantai Duta, menurut Kades, tidak perlu kesepakatan di atas kertas. Sebab, pengelolaan wisata itu sudah dijelaskan dengan perdes 2018. Sedangkan masalah bagi hasil masih akan dibahas kembali. “Proses ini masih belum final. Bagi hasil masih kami bahas kembali,” kata Kades. (yek/iwy)

Sejak dikelola oleh BUMDes Desa Randutatah, karyawan Pantai Duta masih belum menerima gaji selama 2 pekan terakhir. (Abdul Jalil/Koran Pantura)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan