Lain-lain

Pilih Kirim Cabor Perorangan ke Porprov

PROBOLINGGO – Sebanyak 11 cabang olahraga (cabor) unggulan tengah menjalani proses pemusatan latihan sejak Sabtu (9/3) lalu. Namun, dari 11 cabor proyeksi Porprov Jawa Timur tahun 2019, tak satu pun cabor beregu dari Kabupaten Probolinggo yang dinyatakan layak untuk dikirim dalam ajang 4 tahunan tersebut.

Alhasil cabor beregu seperti voli, hoki, basket, bahkan sepak bola yang sempat dikirim di ajang Porprov Jatim di Banyuwangi, kini beda nasib. Cabor tersebut tak bakal berpartisipasi di perhelatan Porprov Jatim 2019 yang akan digelar di 4 kota sekaligus, yaitu Gresik, Lamongan,  Bojonegoro,  dan Tuban pada bulan Juli mendatang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar. Menurutnya,  untuk Porprov tahun ini Kabupaten Probolinggo hanya akan mengirimkan atlet cabor perseorangan, bukan beregu.

“Alasannya karena kami melihat peluang dari cabor perseorangan lebih besar untuk menyumbang medali dibanding cabor beregu yang tampaknya cukup sulit untuk bersaing di level Jawa Timur. Termasuk cabor sepak bola yang gagal lolos dari pra Porprov,” ujar Chalid, Senin (11/3).

Melihat fakta tersebut, Chalid menyebut akhirnya KONI Kabupaten Probolinggo memutuskan untuk mengirim sekitar 73 atlet dan 12 official untuk menjalani proses pemusatan latihan. Pemusatan latihan berlangsung selama 2 bulan kedepan di gedung eks Dispenda Kabupaten Probolinggo, dan lapangan perkantoran pemkab di Dringu.

“Training center ini akan berlangsung selama 2 bulan dan akan berakhir sebelum memasuki bulan puasa. Karena itu, akan terus kita pantau dan seleksi mana saja yang benar-benar siap bertanding dalam Porprov mendatang,” katanya.

Lalu Chalid merinci 11 cabor yang akan dikirim KONI Kabupaten Probolinggo ke Porprov 2019. Masing-masing adalah bulu tangkis, taekwondo,  karate, wushu, pencak silat, senam, tinju, atletik, sepak takraw, muaythai dan anggar.

“Untuk cabor yang akan dikirim, jumlahnya masih itu. Tidak menutup kemungkinan ada perubahan, seiring waktu. Kami melihat situasi dan kondisi dari cabor lain yang benar-benar siap,” tandasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan