Lain-lain

Atlet Berprestasi, Bisa jadi Polisi


KRAKSAAN – Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian Polda Jatim. Salah satu poin kerjasamanya yakni memprioritaskan atlet berprestasi di daerah ketika hendak mendaftar sebagai anggota polisi.

Atlet asal Kabupaten Probolinggo dijanjikan bisa menjadi anggota Polri asal berprestasi. (Dokumen/Koran Pantura)

Plt. Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Tatok Krismarhento mengatakan, kerjasama ini dirasa penting, apalagi untuk atlet yang berpretasi di bidang olahraga. “Paling tidak ketika dia memilih masa depan, mereka tidak salah pilih,” katanya.

Menurut Tatok, kerjasama yang dilakukan tersebut selain demi masa depan atlet, juga merupakan bagian dari bonus kepada atlet yang bakal berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim.

“Jadi selain kami menyediakan bonus uang, kami juga sediakan lompatan-lompatan agar mereka ke depan lebih baik. Salah satunya yaitu lompatan untuk menjadi anggota Polri,” ujar Tatok.

Dia menjelaskan, inisiatif ini ternyata disambut positif oleh Polda Jatim. Polda Jatim berjanji akan memprioritaskan atlet yang berprestasi di tingkat regional atau Nasional. “Jadi itu yang ditekankan. Tapi, itu hanya prioritas saja. Tidak dijamin masuk. Meskipun begitu kan sudah ada harapan besar untuk masuk,” terangnya.

Tidak hanya itu, Disporaparbud beserta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) juga mengupayakan hal lain. Yaitu, mengupayakan para atlet diprioritaskan untuk bekerja di pabrik. Tujuannya sama, yaitu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengharum daerah itu.

“Selain itu, kami bekerjasama dengan perusahaan yang ada di daerah untuk menambah bonus. Baik berupa uang ataupun pekerjaan yang ada jenjang karirnya bagi atlet yang berprestasi,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng menjelaskan, pihaknya menghitung sementara bonus uang para atlet. Yaitu, untuk peraih emas diberikan bonus Rp 15 juta, perak Rp 10 juta dan perunggu Rp 5 juta.

“Tujuannya yaitu memberikan suport agar mereka bisa berprestasi Tapi itu masih bentuk reng-rengan (perhitungan,red). Minggu depan akan kami deal-kan berapa jumlah bonusnya. Yang pasti Insya Allah tidak mengecewakan,” tandasnya (rul/awi)


Bagikan Artikel