Lain-lain

Garap Lampu Hias Kreatif

PROBOLINGGO – Usaha kreatif di Kabupaten Probolinggo seperti tidak ada matinya. Banyak usaha yang dijalankan para seniman berbuah manis dan jadi tambahan pendapatan layak bagi mereka. Misalnya pelukis. Biasanya, melukis dilakukan pada kain kanvas. Namun ada yang menerapkannya di sebuah kaca. Dengan modifikasi, produk ini disebut Lukisan Lampu Hias LED.

Achmad Hilali adalah seorang guru di sebuah yayasan di Kota Kraksaan. Sehari-hari ia mengajar dari pagi hingga menjelang sore. Selepas itu, terkadang ia masih beraktivitas lainnya. Yakni menyalurkan hobi di bidang seni lukis.

Pada Senin (25/2) sore, ia tengah santai di kediamannya di Dusun Slamet, Desa Bulu, Kota Kraksaan. Ia berpakaian santai. Celana jeans, kaos abu-abu dan topi hitam-merah dikenakan terbalik.

Ia menceritakan awal usahanya. Mulai dari hanya sekedar iseng, belajar di channel YouTube. Hingga kemudian ia mulai memberanikan diri memproduksi untuk kepentingan komersil.

“Saya mulai buat Juni 2018 lalu. Awalnya belajar cara melukis di gantungan kunci kayu lewat solder. Tapi itu kan biasa. Sampai saya melihat seni lukis di sebuah kaca. Penasaran, akhirnya saya coba,” kisah pria yang karib disapa Hilal ini.

Kegigihan terus mencoba itu membuahkan hasil. Berbekal peran media sosial, ia mempromosikan produknya. Responnya cukup bagus. Baik di lingkup lokal, Nasional, bahkan Internasional.

“Paling sering dipesan orang-orang Jawa Tengah. Tapi pernah juga dipesan sama TKI di Hongkong dan Malaysia. Mereka lihatnya dari Instagram,” ungkap pria kelahiran 1990 tersebut.

Hilal menerangkan, proses melukis di sebuah kaca bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya, karena ia sudah menguasai ilmu seni rupa. Sulitnya, ia harus benar-benar fokus.

“Pernah dulu waktu melukis bagian mata. Ada gangguan, kita melirik sebentar, hasil lukisan matanya rusak. Harus bikin yang baru lagi. Karena gak bisa dihapus. Terpaksa dibuang,” ungkapnya.

Pemesan umumnya mengirim file fotonya untuk dilukis ulang menjadi sebuah sketsa wajah di sebuah lampu kacanya. Ada yang memasang fotonya sendirian, berdua hingga bertiga dengan anaknya. Lukisan wajah itu juga bisa disertai dengan kalimat-kalimat tertentu. “Misalnya Happy Wedding, Happy Aniversary dan sebagainya,” ucapnya.

Hilal memproduksi 2 jenis produk. Yakni model flat dan model tabung. Harga jual model flat dibanderol Rp 175 ribu per buah dengan 1 wajah. Jika harus melukis 2 wajah maka harganya Rp 200 ribu dengan ukuran maksimal 20×20 cm.

“Kalau logo, karena biasanya file sketsanya sudah ada di internet, tinggal download, harganya lebih murah. Rp 150 ribu per buah. Termasuk produk ini,” sebutnya sambil memperlihatkan produk sketsa Soekarno dengan kalimat mutiaranya tentang kepemudaan.

Selain model flat, ia juga menyediakan model tabung. Bentuknya mirip dengan bagian tengah botol sirup. Tetapi model tabung tidak bisa dibuatkan sketsa foto seseorang yang dilukis ulang.

“Pesanannya hanya bisa sketsa yang sudah ada di internet atau hanya tulisan-tulisan. Seperti Doraemon, Tayo, Spongebob dan lain-lain. Harga promo sekarang Rp 70 ribu. Mungkin nanti mentok harganya saya jual Rp 85 ribu per buah,” katanya.

Ia menambahkan, lampu hias LED nya ini memang terbilang unik. Produk itu akan terlihat indah dalam ruangan yang remang atau gelap sekalian. Biasanya dijadikan hiasan ruang tamu. “Bisa juga sebagai lampu tidur di kamar. Cukup multifungsi,” terangnya. (awi/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan