Lain-lain

Terdampak Longsor, Balai Desa Wonokerso Rusak

SUMBER – Pemerintah Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo kena apes. Kemarin (16/2) sekitar pukul 15.30, salah satu ruangan di kantor desa setempat rusak. Yakni setelah tebing setinggi 15 meter di belakang kantor tersebut mengalami longsor.

Sebelum kejadian, hujan lebat mengguyur Desa Wonokerso dan sekitarnya. Tebing tanpa plengsengan di belakang kantor desa diduga tidak kuat menahan derasnya guyuran hujan. Tebing itu akhirnya longsor dan menimpa kantor balai desa. Ada juga sebuah rumah milik warga yang terdampak longsoran itu.

Bendahara Desa Wonokerso Sudir Supriyadi mengatakan, hujan lebat mulai sejak sekitar pukul 14.00. “Yang kena longsoran adalah kantor desa kami dan 1 rumah warga. Untungnya tidak ada korban,” kata pria yang juga menjadi ketua komunitas Kobar Bromo Semeru ini.

Hingga berita ini ditulis, hujan masih mengguyur kawasan Wonokerso. Sehingga pemerintah desa setempat belum bisa melakukan tindakan lebih lanjut.

“Kami cuma bisa sweeping ke warga untuk mengingatkan mereka agar lebih waspada. Khususnya kepada warga yang rumahnya berada di bawah tebing,” kata Sudir.

Untuk mengantisipasi dampak longsor yang kemungkinan terjadi di tempat lain, ia bersama sejumlah relawan mengimbau warga waspada. Pihaknya juga memberi petunjuk teknis menghadapi bencana. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan timbulnya korban jiwa.

“Yang kami lakukan adalah melakukan pantauan dan mengingatkan warga yang rumahnya ada di bawah tebing agar lebih waspada. Mereka kami imbau agar keluar dari rumahnya kalau situasi darurat,” terangnya. (rul/eem)

Tembok belakang kantor Pemerintah Desa Wonokerso jebol akibat longsornya tebing yang ada di belakang kantor, Rabu (16/2) sore. (Istimewa)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan