Lain-lain

Ini Sugiyanto, Duta Education Teen Parekraf Jatim 2023


BELAJAR di perguruan tinggi tidak bisa hanya dengan “Kupu-Kupu” (kuliah pulang-kuliah pulang). Kalau ingin sukses, wajib mencari softskill di berbagai bidang. Itulah tanda-tanda orang sukses yang melekat pada Sugiyanto.

Dia adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Tapi Sugiyanto sejatinya berasal dari Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Pemuda yang karib disapa Ugik ini meraih gelar Duta Education Teen Parekraf Jawa Timur 2023, dalam rangka pemilihan Duta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jawa Timur. Ia berhasil menyisihkan lebih dari 200 peserta dari setiap Kabupaten Kota Se Jawa Timur.

Tahapannya pun ia mengikuti karantina terlebih dahulu di Agogo Hotel Surabaya, pada tanggal 25 Januari 2023. Kemudian, grand final di Grand City Mall Surabaya, 26 Januari 2023.

Diketahui, Sugiyanto memang aktif di beberapa organisasi. Salah satunya adalah Relawan Nusantara Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Kabupaten Probolinggo, Gerakan Yuk Ngampus (GYN) Probolinggo, dan UKM Keinkaf (Kewirausahaan dan Industri Ekonomi Kreatif) UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ia juga pernah mengenyam pendidikan di SDN Semampir 2, SMPI Ar Rofi’iyyah, SMK Mandiri Kraksaan dan saat ini aktif sebagai Mahasiswa UINSA.

Beberapa rentetan prestasi juga sudah pernah diraih oleh Sugiyanto. Salah satunya sebagai semi finalis Duta Lingkungan Jawa timur 2022, semi finalis Duta Budaya Jawa timur 2023, dan juga lulusan terbaik di SMK Mandiri Kraksaan.

Sugiyanto mengatakan, motivasinya dalam ikut lomba ini tak lain ingin melihat lingkungan sekitar banyak wisata yang sudah mulai redup. “Oleh karena itu, saya sebagai Duta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ingin membangkitkan kembali pariwisata dengan platform media sosial. Serta mengajak masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan sekitar,” kata Ugik.

Mengikuti perlombaan tersebut, lanjut Sugiyanto, selain ingin membawa nama baik Kabupaten Probolinggo, juga untuk mengenalkan wisata dan ekonomi kreatif di daerah kelahirannya itu.

“Harapan saya untuk anak muda di Probolinggo teruslah berkarya dan tingkatkan prestasi. Bawa nama baik Kabupaten Probolinggo ke kancah Nasional hingga Internasional. Sehingga Probolinggo nanti terkenal akan sugudang pemuda berprestasi dengan cinta budaya, pendidikan, pariwisata dan lingkungan,” pungkasnya. (ra/iwy)


Bagikan Artikel